Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

PKK NTB Ingatkan Pentingnya ASI dan Imunisasi Lengkap

TP PKK NTB mengingatkan pentingnya imunisasi anak.

Mataram, Bimakini.- Ketua TP PKK NTB, Hj. Erica Zainul Majdi, mengingatkan para orang tua tentang pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) dan imunisasi lengkap kepada balita, terlebih pada seribu hari pertama kehidupan. Karena, seribu hari pertama kehidupan merupakan usia krusial untuk tumbuh kembang anak, kecerdasan otak, dan pembentukan imun atau kekebalan tubuh anak.

Hal itu disampaikan istri Gubernur NTB, melalui Wakil Ketua I TP. PKK Prov. NTB, Hj. Syamsiah M. Amin, saat berkunjung ke Paud Bije Solah di Desa Bebuak, Kopang, Lombok Tengah, Selasa (17/10/2017), dalam rangkaian roadshow TP. PKK NTB di Pulau Lombok.
“Jika ibu-ibu tidak memperhatikan asupan gizi pada masa kehamilan, maka anak yang lahir akan cacat atau tumbuh kerdil (stunting),” ujarnya dihadapan anak-anak, orang tua murid dan guru-guru Paud Bije Solah.

Turut mendampingi saat itu, Wakil Ketua IV TP. PKK Prov. NTB, Hj. Ikhsanti Komalarimbun dan disambut dengan atraksi drumband dari anak-anak TK Dahlia Desa Darmaji, Kopang dan tari saman dari anak-anak Paud Robbani Desa Wajageseng.

Selain memperhatikan ASI dan Imunisasi, Hj. Syamsiah juga berpesan kepada ibu-ibu untuk terus mengembangkan keterampilan, seperti keterampilan membuat kerajinan tangan dan makanan. Ilmu yang diperoleh pada kursus dan pelatihan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), menurutnya harus senantiasa dikembangkan dengan baik sehingga menjadi lahan usaha untuk menambah pemasukan keluarga.

Usai berkunjung ke Paud Bije Solah, istri Wakil Gubernur NTB tersebut beserta rombongan menuju aula Kantor Camat Kopang untuk bersilaturrahim dengan Kader PKK Kabupaten Lombok Tengah. Dihadapan jajaran kader serta pengurus PKK Kabupaten Lombok Tengah, sejumlah Kepala Desa dan tokoh masyarakat yang hadir saat itu, Ia menyinggung masalah narkoba dan pola asuh anak (parenting) untuk menghasilkan anak yang sehat, cerdas, dan pintar.

Peredaran narkoba di Indonesia sudah memasuki zona kuning mendekati merah. Narkoba yang beredar saat ini banyak macamnya dan target yang disasar adalah anak-anak SD. “Permen dan camilan anak ada yang diselipkan narkoba serta obat generik yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit bila dicampur dengan zat tertentu dapat menghasilkan efek yang sama seperti mengkonsumsi narkoba,” jelasnya.

Terkait polas asuh anak (parenting), wanita kelahiran Sumbawa itu menghimbau kepada kader-kader PKK Lombok Tengah untuk lebih memperhatikan pola asuh anak dengan menerapkan pendidikan karakter. “Baik-buruknya perilaku anak tidak terlepas dari didikan orang tua, terutama seorang ibu,” ujarnya.

Selain itu, menindaklanjuti pesan yang disampaikan oleh Ketua TP. PKK Prov. NTB Hj. Erica Zainul Majdi terkait dana desa, Hj. Syamsiah M. Amin meminta kepala desa agar jangan lupa untuk menggunakan dana desa dalam mendukung 10 program PKK dan melibatkan ibu-ibu ketua TP. PKK desa dalam musrenbang untuk membuat program yang berkelanjutan. “Jika 10 program PKK berhasil, maka separuh permasalahan yang dihadapi pemerintah dapat terselesaikan,” ujarnya. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi NTB menggelar pertemuan kemitraan strategis dengan badan usaha dalam penyelenggaraan pembangunan kesejahteraan sosial di Provinsi NTB,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Ancaman Covid-19 masih dirasakan hampir di seluruh belahan dunia, khususnya Indonesia. Bahkan sejumlah daerah terus mengalami penambahan kasus baru setiap harinya. Untuk...

NTB

Mataram, Bimakini.- Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, melakukan sosialisasi penggunaan masker kepada pengrajin dan beberapa organisasi wanita, di aula lantai III...

NTB

Mataram, Bimakini.- Di tengah pandemi Covid-19, semangat masyarakat dalam berusaha harus tetap dijaga dan dirawat agar tetap produktif. Salah satu sektor yang sangat diharapkan...

NTB

Kota Bima,  Bimakini.- Menindaklanjuti program dari Mendagri dalam program Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) sekaligus mengkampanyekan perilaku nurut tatanan baru pada masa pandemi...