Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Sasar Generasi Muda Bima, Kemendag Ajak Cinta Produk Indonesia

Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kemendag RI, Suhanto saat membuka acara di Paruga Nae Convention Hall, Selasa.

Kota Bima, Bimakini.- Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI,  terus berupaya menjangkau masyarakat, dalam hal ini generasi muda, untuk menanamkan kecintaan terhadap produk dalam negeri. Kali ini, Kemendag menyelenggarakan dialog yang menyasar generasi muda, dengan tema “Gerakan Menanamkan Kepedulian Penggunaan Produk Dalam Negeri Kepada Anak Didik dan Generasi Muda” di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa dan Rabu, 3-4 September 2017.

Acara di Paruga Nae Convention Hall tersebut merupakan kerja sama Kemendag dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Bima. Acara itu dihadiri oleh Wali Kota Bima, HM Qurais H Abidin, dan sejumlah pejabat lainnya.

Wali Kota Bima, HM Qurais  mengajak untuk mencintai produk lokal, khususnya Bima. Salah satu produk lokal yang sudah dikenal luas adalah tenun.

Bahkan kebijakan pemerintah Kota Bima, mewajibkan penggunaan seragam tenun bagi pegawai satu kali sepeka. “Setiap hari Kamis, ASN Pemkot Bima menggunakan pakaian dari kain tenun Bima,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kemendag RI, Suhanto mengapresiasi kebijakan Pemkot Bima dengan penggunaan kain tenun bagi pegawai. Jika kebijakan itu diperluas kepada pelajar, maka akan mengeliatkan industri tenun di Kota Bima.

Peserta yang hadir di Paruga Nae Convention Hall dalam rangka sosialisasi Cinta Produk Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi kebijakan yang dibuat Pemkot Bima. Jika pakaian siswa juga menggunakan kain tenun, maka industri akan hidup,” ujarnya.

Selain itu, Suharno mengajak generasi muda untuk ikut mencintai produk lokal Indonesia. Tidak terlena dengan brand dari luar dan menganggapnya selalu bagus.

“Generasi muda menjadi penentu bangsa dan penentu ekonomi nasional. Mereka bisa menjaga pasar domestik dengan cara mencintai, membeli dan menggunakan produk Indonesia,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Suhanto menyampaikan, membeli produk Indonesia, berarti menggerakkan permintaan terhadap produk dalam negeri. Dengan begitu, masyarakat berkontribusi mendorong perkembangan industri nasional.

Suhanto juga menjelaskan, Kemendag memiliki tiga kebijakan prioritas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi indonesia. Pertama, meningkatkan pertumbuhan kinerja ekspor dan perluasan akses pasar yang berkelanjutan. Kedua, pengamanan pasar dalam negeri dengan meningkatkan perdagangan dalam negeri yang bertumbuh dan berkualitas.

Siswa SMP dan SMA se Kota Bima saat berkunjung di PLUT untuk melihat produk lokal Bima.

Ketiga, reformasi birokrasi dengan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di sektor perdagangan. Acara yang digelar selama dua hari ini dihadiri 500 orang peserta, yang terdiri atas pelajar tingkat SMP, SMA, mahasiswa, dan pemuda karang taruna wilayah Kota Bima. Selain dari Kemendag, narasumber kegiatan ini terdiri atas pelaku industri nasional, motivator dan kalangan akademisi.

Selain menerima materi dan motivasi tentang mencintai produk lokal, pelajar juga diajak berkunjung ke pusat latihan usaha terpadu, PLUT, Kota Bima. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung proses produksi, selain akan tumbuh rasa bangga akan produk Indonesia, diharapkan generasi muda dapat mulai membeli dan mengkonsumsi produk-produk dalam negeri yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri.

Pantauan Bimakini.com di PLUT, siswa diajak melihat produk-produk yang dipajang, seperti kain tenun Bima, madu, abon kuda, koas, kerajinan dari koran bekas dan berbagai produk lainnya. Diharapkan dengan mengenal produk lokal, siswa dapat membeli dan menggunakannya.

Peserta juga terlihat antusias ketika kuis berhadiah. Tidak hanya bagi siswa, namun juga dari gurunya. (BK25/*)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag)  Kota Bima mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) simpan- pinjam dan pembiayaan syariah di PLUT Kota Bima,...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Koperasi, Perindustrian,   dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bima menyosialisaikan restrukturisasi usaha bagi koperasi. Kegiatan itu dihelat di Hotel Camelia, Kamis (20/07/2017)....

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi wirausaha baru bidang pengolahan makanan berbahan dasar...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini. – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima menggelar operasi pasar murah sembako bersubsidi. Kegiatan dipusatkan di PLUD Kota Bima...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Perkoperasian Pola Syariah bagi Gerakan Koperasi se– Kota Bima,...