Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Warga Monggo Gotong Royong Benahi Lapangan Bola

Suasana saat warga bergotong-royong membenahi lapangan, Ahad.

Bima, Bimakini.- Ribuan warga Desa Monggo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima  bergotong royong membenbahi  lapangan bola desa setempat, Ahad (01/10). Kegiatan itu berdasarkan   kesepakatan  di aula kantor desa setempat, Jumat (29/09/2017).

Pola  gotong royong itu dilakukan berdasarkan pembagian jatah. Masing-masing RT membenahi sepanjang 17 meter. Ketinggian talut bervariatif, dari 60 centimeter sampai 1 meter, bergantung kondisi lapangan.

Kepala Desa (Kades) Monggo, Mayor Abdul Majid, menjelaskan sebelumnya Pemdes Monggo telah mengalokasikan anggaran senilai Rp51 juta melalui APBDes untuk pengurukan dan pemerataan lapangan. Namun, musibah banjir  pascapelaksanaan  menjadi masalah hingga harus diperbaiki.

Untuk menantisipasi hal itu, pemerataan dan pengurukan selanjutnya membutuhkan lima alat berat. Menyusul keinginan   pemerataan ulang lapangan,   meminta anggaran kepada Pemerintah  abupaten Bima melalui APBDP senilai Rp200 juta untuk talud keliling lapangan.

Namun, informasi yang didapat tidak bisa dibantu karena ada kendala. “Itu informasi yang disampaikan oleh Kasubag AP, Muhammad Rusdi,” terangnya.

Dikatakannya, karena bantuan dari Pemkab Bima tidak diakomodir, terpaksa  menyelesaikannya secara   bergotong royong karena dikuatirkan  musibah banjir tahun ini. Selain menggunakan anggaran swadaya masyarakat  dan dana CSR  PT Bunga Raya sejumlah Rp5 juta dipakai untuk sewa alat berat. Pengadaan material seperti batu dan pasir untuk pembuatan talud, murni swadaya masyarakat.    “Untuk material batu dan pasir digunakan dana swadaya masyarakat,” bebernya.

Pembelian semen digunakan uang dari sisa penjualan lapangan lama (Mangge Rimpu) senilai  Rp17 juta lebih.

“Selain itu,  bantuan dari pemerintah  melalui dana stimulan yang diberikan oleh Kasubag AP sebanyak 50 sak semen,” jelas Kades.

Muhsin, warga desa setempat, mengatakan  masyarakat  Monggo   mengapresiasi langkah  Kades, karena perbaikaan lapangan ini sangat perlu berdasarkan rencana bersama. Tahun 2018 akan dibuka Open Tournament sepakb ola se-Pulau Sumbawa di lapangan itu.

“Nanti kalau perbaikan lapangan selesai, kita sudah sepakat melalui sertifikat akta pendirian lapangan ini akan berganti nama  lapangan sepak bola Gelora Bung Mayor (GBM),” ungkap Muhsin. (BK36)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) Tbk Cabang Bima yang berlokasi di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) didemo...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hujan deras yang terjadi, Senin (14/12), sekitar pukul 14. 20 Wita di wilayah Kecamatan Madapangga memgakibatkan terjadinya banjir. Akibatnya, ratusan rumah warga...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah warga Desa Monggo yang merasa tak diberdayakan oleh pihak pemenang tender pelaksanaan pembangunan PT CPI berlokasi di Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pemerintah Desa (Pemdes) Monggo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp 201 juta. Total...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Tindakan kriminalitas kerap kali terjadi di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. Baik  kasus pencurian, perjudian hingga peredaran Narkoba. Baru-baru ini, tujuh...