Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Cegah Ternak, Areal Pertanian di Maria Dipasang Pagar Berkawat

Warga Desa Maria gotong royong memasang pagar berkawat.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa Maria Kecamatan Wawo mencanangkan program pemasangan pagar berkawat  pada lahan pertanian guna mencegah ternak liar memasuki tanaman petani. Program tersebut menjawab persoalan krusial yang dikeluhkan warga selama ini.

Kepala Desa Maria Utara, Syamsudin, mengatakan gagasan  itu agar lebih kuat dan tidak mudah dimasuki ternak liar.  Tahun ini mulai dikerjakan pagar menggunakan kawat sepanjang 1 kilometer (Km) di So Sonco Mboda, So Temba Ndanda, So La Rangga, dan So Lantiku.

Menurutnya, pagar yang biasa dimanfaatkan petani selama ini masih bisa dimasuki ternak liar. Namun, setelah dipasang kawat itu akan semakin kuat. “Anggaran yang kita gelontorkan baru sekitar 50 juta,” ucapnya di Maria Utara, Ahad (05/11).

Ikhtiar ini, kata dia, sebagai langkah awal mengatasi masalah ternak liar, terutama pada beberapa kawasan rawan ternak liar. Tidak hanya itu, pemilik lahan bekerja sama membenahi pagar berlapis kawat itu.

“Sembari bergotong royong, warga bisa bersantai sambil makan bersama di lokasi, sehingga keakraban petani terjaga dan mereka saling member usulan kawasan lain yang rawan ternak liar,” tuturnya.

Kata Syamsuddin, petani berharap kawasan pertanian di Desa Maria Utara aman dari jarahan ternak liar. Jika tanaman gagal, setahun kemudian petani peroleh hasil, karena pertanian di Wawo hanya mengandalkan hujan.

Senada dikemukakan Sekretaris Camat Wawo, Syarifudin, SSos. Kendala utama ternak di Wawo, tidak ada kawasan khusus melepas hewan ternak, seperti di Kecamatan Sape, Lambu, Wera, dan Kecamatan lainnya.

“Setiap tahunnya jumlah ternak meningkat. Apalagi, kesadaran mengandangkan ternak, tidak ada,” ucapnya. (BK23)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kuda yang berkeliaran di jalur dua Kecamatan Palibelo, hampir setiap hari terlihat. Hal tersebut membuat pengendara sepeda motor yang melintas merasa was-was....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Guru dan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 63 Kota Bima menyukai menanam berbagai jenis bunga di depan  halaman sekolah. Mereka senantiasa...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sorotan warga akan maraknya ternak berkeliaran di respon oleh Pemkot Bima dengan mengelar rapat koordinasi (Rakor), Jumat (17/2/2017). Rakor itu dipimpin...