Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

DPMDes Sosialisasi BUMDes di Woha

DPMDes saat Sosialisasi BUMDes di Woha.

Bima, Bimakini.- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Bima menggelar sosialisasi penggunaan dan pemanfaatan dana Badan Usaha Masyarakat Desa (BUMDES) di aula Kantor Pemerintah Kecamatan Woha, Kamis (16/11). Pengurus BUMDes dapat menentukan jenis usaha.

Camat Woha, Chandra Kusuma, AP, mengatakan BUMDes usaha yang dikelola desa bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) membantu masyarakat.

“Di Klaten, Jawa Tengah, mengelola dana desa dengan jenis usaha membuat tempat rekreasi dan menghasilkan pendapatan fantastis,” ucapnya.

Di Woha, kata dia, pernah mengelola BUMDes dan jenis usaha lain, tetapi perkembangan nihil. Pengalaman itu harus dibenahi.

“BUMDes bukan hanya usaha satu jenis, tetapi bisa kelola tempat wisata guna menghasilkan dana yang lebih untuk desa. Sehingga, lapangan pekerjaan ada untuk warga,” sarannya.

Kepala Bidang Ekonomi DPMDes Kabupaten Bima, H Adnan, mengatakan pengelolaan ADD tidak bisa pihak lain ikut campur, Kepala Desa dan masyarakat yang berhak melalui musyawarah desa.

 

“Kalau dana yang ada tidak dikelola dengan baik, merugikan masyarakat desa. Mari kita arahkan di berbagai macam segi pengelolaan yang bisa mengembangkan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Dia menilai, setiap desa memiliki potensi yang berbeda, usaha apa yang bisa dikembangkan. “Pengelolaan BUMDes selama ini belum berkembng maksimal,” katanya.

Dia mengajak, masyarakat merubah pola berpikir agar serius mengelola Dana Desa melalui BUMDes. “Saya berharap di Woha menjadi contoh bagi kecamatan lain,” harapnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pelatihan Desa Wisata Angkatan III Kecamatan Wawo di Lengge Nae Wawo 8-10 September 2021 berakhir. Atraksi keseninan tradisional dari Desa Ntori Adu...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Ada kabar baik bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Bima. Mereka bisa bersaing dengan lembaga lain agar bisa meningkatkan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Pihak DPMDes Kabupaten Bima diduga terlibat pengadaan Alat pelindung Diri (APD) seperti masker, alat cuci tangan dan lainnya di tiap desa dengan...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Rapat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Mangge Asi, Kecamatan Dompu tahun anggaran 2021, Kamis (25/02) pagi berlangsung alot. Hal...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Dinilai bandel Pengurus BUMDes Woro Kecamatan Madapangga dilapor ke polisi oleh Kepala Desa (Kades) setempat, Selasa (12/1/2021). Laporan tersebut dengan perihal lantaran...