Pemerintahan

Ini Tempat Lokasi Relokasi untuk Korban Banjir

HM Qurais H Abidin

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, HM Qurais, menyampaikan rencana  pembangunan kawasan permukiman baru (New Site Development) bagi warga korban banjir bandang akhir 2016 lalu. Rencana itu disampaikan saat menyambut kehadiran tim Asian Development Bank (ADB) yang mengevaluasi pelaksanaan NUSP-Phase 2 di Kota Bima.

Kata Qurais, saat ini Pemkot Bima sedang melaksanakan pengembangan kawasan permukiman baru dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi pascabanjir bandang akhir tahun 2016 lalu. Ada   hibah lahan dari Pemerintah Kabupaten Bima untuk membangun permukiman baru di Kelurahan Jatiwangi. Areal itu  untuk relokasi warga yang bermukim di bantaran sungai.

Begitu pun di Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda. Tahap berikutnya sedang dalam tahap penyiapan lahan. Selain itu, Pemkot Bima juga sudah menata  permukiman, seperti pembangunan sanitasi, perbaikan jalan dan gang lingkungan, pembangunan kolam retensi untuk menampung banjir rob. Selain itu, pembangunan Rusunawa sebagai tempat relokasi warga yang bermukim di bantaran sungai.

Termasuk pembangunan MCK plus, penyediaan layanan air bersih bagi masyarakat.  Pemkot Bima diakui memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan program nasional menuju Indonesia 100:0:100 pada tahun 2019. Yakni 100 persen cakupan pelayanan air minum bersih, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen cakupan pelayanan sanitasi lingkungan.

Qurais berharap kunjungan evaluasi ini dapat mengidentifikasi isu strategis dan tantangan dalam pelaksanaan program NUSP-Phase 2 di Kota Bima, sehingga menyempurnakan upaya yang sudah dirintis dalam menata kota yang bersih dan sehat. (BK32)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 82
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top