Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Menkominfo Kampanye Anti Hoax di Bank Suara AJI Mataram

Menkominfo Rudiantara saat kampanye anti hoax di Bank Suara AJI Mataram pada Fesmed AJI 2017.

Solo, Bimakini.- Festival Media (Fesmed) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia diramaikan berbagai pameran pada stan di gedung Graha Solo Raya, Kota Solo Jawa Tengah, Kamis (23/11/2017). AJI Mataram hadir dengan konsep berbeda, kampanye anti hoax melalui Bank Suara. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara juga berkesempatan mengisi Bank Suara untuk kampanye anti hoax.
Rudiantara menyatakan, saat ini publik sedang menghadapi tsumani media sosial. Di dalamnya banyak konten negatif yang bersifat bohong, hoax, gibah, nanimah.
Melihat fenomena itu, menteri kelahiran Bogor Jawa Barat ini mengajak semua orang memerangi hoax dengan berbagai cara, termasuk melalui Bank Suara. Konten-konten negatif harus diperangi bersama. “Ayo jadikan diri kita masyarakat yang pintar memanfatan media sosial, mampu memilah dan memilah konten yang positif,” imbuh mantan pejabat di Indosat ini.
Penyebaran konten negatif tidak lepas dari kebiasaan netizen begitu mudah membagi informasi yang tak jelas akurasinya. Diperparah dengan pemahaman yang kurang dari masyarakat tetang informasi yang diposting sehingga kebohongan itu terus tersampaikan berulang ulang. Karena itu, beragam informasi di media sosial harus dipikirkan sebelum jempol digerakkan untuk share.
”Pikirkan baik baik sebelum share dengan jempol kita. Ayo kita lawan hoax sama-sama,” ajaknya.
Masih di stan AJI Mataram, menteri juga berkesempatan membaca puisi judul angin karya Nur Atimah dan direkam juga di bank suara.
Pada Fesmed AJI 2017 itu, AJI Mataram mengusung tema “Jurnalis Berintegritas Merawat Keberagamana” sesuai tema utama Fesmed AJI 2017. Selain menampilkan produk Bank Suara, produk jurnalistik juga dipapar seperti buku-buku, koran dan persentasi bagi pengunjung yang singgah.
Para pengunjung stan pun ditawarkan untuk mengisi di Bank Suara, selain Menteri Rudiantara, para jurnalis, warga umum yang berkunjung, bahkan Staf Ahli Presiden, Robert Theodore yang hadir di pembukaan Festival Media turut menyumbang puisi. Robert membaca puisi berjudul Sebutir Rindu sementara Rudiantara membaca puisi berjudul Angin.
Sekretaris AJI Mataram Sirtupilllaili menjelaskan, Bank Suara merupakan cara baru dalam kampanye anti hoax. Semua audio yang terekam akan disebarkan melalui aplikasi Sound Cloud. Secara khusus, file rekaman itu akan diberikan kepada kaum difabel di handphone masing-masing.
”Dengan konsep ini mereka akan lebih memudah meresapi dan memahami kampanye anti hoax,” katanya.
Pada dasarnya, Bank Suara adalah tempat penyimpanan suara yang direkam secara digital. Siapapun bisa “menabung” suranya. Itu akan menjadi tabungan amal karena akan dibagikan kepada mereka yang kurang beruntung.
Par donatur suara bisa menyumbangkan suaranya melalui rekaman langsung di kantor Bank Suara, bisa juga dikirimkan melaui email banksuaralombok@gmail.com. Suara yang disumbangkan bisa berupa dongeng, buku bacaan inspiratif, puisi dan lainnya. Tapi Bank Suara tidak menerima suara yang berbau SARA, melanggar norma kesusilaan, dan sebagainya.
Penggagas Bank Suara Fitri Rachmawati menjelaskan, Bank Suara bertujuan meningkatkan minta baca, sekaligus menghidupkan budaya baca, tulis dan tutur. Selain itu, para penyumbang suara juga turut membantu kaum difabel yang kurang beruntung.
”Terutama para penyandang tuna netra yang belum bisa membaca braile, kesulitan mendapatkan bahan bacaan,” tandas Ketua AJI Mataram ini.

Stand AJI Mataram meraih juara II, Pontianak posisi pertama, Yogya ketiga. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) NTB silaturahmi dengan pimpinan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota dan Kabupaten Bima, Selasa 2 Januari 2023. Silaturahmi...

Hukum & Kriminal

Mataram, Bimakini.- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mengecam tindakan Coorporate Secretary Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang mengintervensi pemberitaan jurnalis saat meliput kunjungan Menteri...

Hukum & Kriminal

Mataram, Bimakini.– Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mengecam tindakan perwira Polresta Mataram merampas dan menghapus video hasil liputan Jurnalis TribunLombok.com, Robi Firmansyah saat meliput...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mengecam tindakan intimidasi terhadap Jurnalis TribunLombok, Atina oleh oknum pegawai kontrak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanam...

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mataram menggelar Diskusi Virtual Ancaman Kekerasan Seksual Mengintai Jurnalis Perempuan Rabu (1/3/2023). Menghadirkan pemateri Ketua Bidang Gender,...