Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

NTB Raih Penghargaan “Pandu Negeri Award 2017”

Pemprov NTB meraih penghargaan “Pandu Negeri Award 2017”

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB di bawah kepemimpinan Gubernur Dr.TGH. M. Zainul Majdi kembali dianugerahi penghargaan nasional, “Pandu Negeri Award 2017” sebuah penghargaan yang sangat bergengsi dalam katagori pemerintah provinsi dengan kinerja dan tata kelola pemerintahan yang sangat baik menurut penilaian Indonesian Institute for Public Governance (IIPG).

Pemberian award kinerja dan tata kelola pemerintahan terbaik kepada Gubernur NTB, dilaksanakan di Financial Hall Graha CIMB NIAGA Jakarta, Jumat (10/11/2017), bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan ke-72 Tahun 2017.

Dewi fortuna nampaknya sedang berpihak kepada pemerintah daerah dan segenap masyarakat NTB, karena sehari sebelumnya, (Kamis, 9/11/2017), bertempat di Istana Negara, Presiden RI, Joko Widodo secara resmi juga telah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada salah seorang putra terbaik NTB, TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau dikenal sebagai Maulana Syaikh yang merupakan kakek dari Gubernur TGB sendiri.

IIPG adalah sebuah lembaga yang berupaya melakukan pembaharuan yang mendukung tranformasi tata kelola yang berkelanjutan pada sektor publik di Indonesia. Dalam majelis pengarah IIPG bergabung tokoh tokoh terkenal antara lain Prof. Dr. H. Boediono M.Ec ( mantan Wapres RI), Prof. Dr. Ir. Kuntoro Mangkusubroto MSc, Erry Riyana Hardjapamekas dan lainnya.

Dari penilaian IIPG terhadap 34 Propinsi, 416 Kabupaten dan 99 kota di Indonesia, terpilih 50 pemerintah daerah yang dinominasikan mendapatkan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2017. Aspek yg menjadi fokus penilaian IIPG meliputi aspek tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, kinerja pengembangan manusia, kinerja ekonomi, inovasi strategik serta pemimpin yang inovatif dan berhasil melakukan berbagai terobosan.

Dalam proses penilaian, IIPG membentuk Dewan Juri antara lain Prof. Dr. Djisman S. Simanjuntak, Prof. Dr. Sidharta, Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo, Chandra M.Hamzah (mantan pimpinan KPK-RI) dan lain-lain. Selain Dewan Juri dibentuk juga Komite Penilaian sebanyak 7 orang yg menggali data-data.penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat serta mencermati perkembangan empirik di lapangan.

Dari 34 provinsi yang ada, terpilih Jawa Timur sebagai Propinsi dengan kinerja dan tata kelola pemerintahan terbaik. Propinsi NTB bersama Propinsi Jabar, DIY dan Bali terpilih sebagai propinsi berkinerja sangat baik. 6 propinsi lainnya di nilai berkinerja baik yaitu Provinsi Kalbar, Kalsel, Kalteng, Lampung, Sumbar dan Sulsel. Selain Pemprov NTB, Sumbawa dan Mataram mendapatkan Anugerah Pandu Negeri kategori Kabupaten dan Kota dengan kinerja dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Acara penyerahan Anugerah Pandu Negeri 2017 dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, Prof. Dr. H. Boediono M. Ec beserta majelis pengarah IIPG, Dewan Juri, Komite Penilai, Gubernur, Bupati dan walikota peraih Anugerah Pandu Negeri 2017. Sementara Gubernur NTB diwakili Drs. HL. Gita Ariadi MSi, Kepala DPMPTSP NTB. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait