Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Pariwisata NTB Kian Populer di Moskow Rusia

Wakil Kepala Perwakilan Dubes RI  di Moskow, Lasro Simbolon  saat diterima Wagub NTB, H. Muh Amin, SH., M. Si di ruang kerjanya , Rabu (8/11/17).

Mataram, Bimakini.- Pesona pariwisata NTB yang kaya dan beragam semakin dikenal dan diminati di berbagai negara, termasuk dikalangan masyarakat Moskow, Rusia. Hal itu terbukti dari suksesnya pelaksanaan Festival Indonesia (FI-2017) ke-II di Moskow, 4-6 Agustus 2017 lalu, yang dihadiri sekitar 91.600 pengunjung.

Berbeda halnya dengan FI pertama, FI kedua didahului dengan penyelenggaraan Forum Bisnis Kelapa Sawit dan Russia-Indonesia Business Forum masing-masing pada edisi (3-4/8/2017) dilanjutkan dengan Business Matching selama penyelenggaraan festival.

Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Lasro Simbolon menyampaikan hal itu saat diterima Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H. Muh Amin, SH., M. Si di ruang kerjanya dalam kunjungan kerja di NTB, Rabu (8/11/17).

Tujuan kunjungan tersebut, selain ingin menggali lebih dalam kekayaan alam, budaya dan pariwisata di NTB, Wakeppri Moskow, Lasro Simbolon juga menyampaikan secara langsung undangan Festival Indonesia ke-3 di Moskow pada 3-5 Agustus 2018.

Lasro menguraikan, berdasarkan data yang dikeluarkan Federal Custom Service Rusia, total perdagangan antara Indonesia dan Rusia tahun 2016 sebesar 2,6 Milyar dollar atau meningkat 33,4% dari tahun 2015 dan Indonesia mengalami surplus sebesar 1,8 Milyar dollar. Jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia pada semester pertama 2017 meningkat sebesar 58% dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, NTB memiliki kualitas kekuatan pariwisata yang luar biasa. “Tinggal dipromosikan saja agar para turis Rusia akan melihat ke sini”, ujar Lasro.
Sasaran utama pariwisata di Indonesia tentu masih dikuasai oleh pulau Bali, kemudian Lombok dan Jogja. “Kita akan garap dan dukung program pemerintah yang mendukung pariwisata dan termasuk sepuluh destinasi baru”, tambahnya.

Guna meningkatkan promosi, baik promosi bidang perdagangan, pariwisata dan investasi, melalui penyelenggaraan FI ke-III ini, Lasro Simbolon mengundang para Kepala Daerah tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memanfaatkan event tersebut.

Menerima kunjungan tersebut, Muh Amin menyambut baik serta mendukung penuh undangan FI ke 3. Baginya kegiatan FI ini adalah tantangan bagi NTB untuk memperluas jaringan dan promosi pariwisata NTB di Rusia.  “Negara ini kuat karena daerah kuat, tetapi jika negara ini lemah maka daerah pasti lemah”, ungkap Wagub.

Dijelaskannya, Nusa Tenggara Barat dengan berbagai keunggulan pariwisata yang didukung oleh potensi alam, kekhasan budaya serta kulinernya yang sudah diakui dunia, terlebih dengan keberhasilan meraih World Best Halal Tourism dan Best Halal Honeymoon Destination saat ini, akan menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mulai dilirik oleh berbagai event pariwisata berskala Internasional seperti Festival Indonesia di Moskow 2018 mendatang. (BK37)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti, Ph.D berharap kepada para guru Indonesia di luar negeri menempatkan diri sebagai duta...

NTB

Mataram, Bimakini.- Mengaku kagum dan terpikat dengan pesona wisata NTB, Senin (25/10/2017), sebanyak 15 konsulat yang mewakili 30 negara Uni Eropa datang langsung di...

NTB

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB kembali meraih prestasi nasional yang cukup membanggakan. Kali ini, Frontier Consulting Group dan Tempo Media menganugerahi penghargaan Attractiveness Award...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, menjadi narasumber pada seminar nasional yang mengupas “Potensi Pariwisata Sebagai Aset Pembangunan Ekonomi...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Provinsi NTB saat ini telah menjadi salah satu dari 10 destinasi unggulan yang ditetapkan pemerintah pusat. Tekad...