Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Presiden Jokowi Buka Munas NU di Mataram

Presiden Jokowi saat pukul Gendang Blek bersama menandai dibukanya Konbes dan Munas NU di Mataram.

Mataram, Bimakini.- Presiden RI, Ir Joko Widodo, membuka secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama Konferensi Besar Nahdlatul Ulama tahun 2017, di kompleks Masjid Hubbul Wathon Islamic Center Nusa Tenggara Barat, Kamis (23/11/2017).

Tepat pukul 13.50 wita, Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi tiba di tempat acara, disambut ribuan santri NU dengan lantunan Shalawat Badar. Hadir para menteri anggota kabinet kerja, sejumlah pejabat tinggi negara, para duta besar negara sahabat, tokoh dan sesepuh nasional.

Munas dan Konbes yang merupakan forum permusyawaratan tertinggi kedua setelah Muktamar, diharapkan Presiden berlangsung dengan lancar. “Saya berharap seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar sehingga menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi seluruh umat,” katanya.

Dari 18 pokok permasalahan yang akan dibahas pada Munas kali ini, rekomendasi terkait radikalisme agama dan penguatan ekonomi warga merupakan yang paling dinanti Presiden.

“Saya tunggu rekomendasi Munas dan Konbes untuk kami tindaklanjuti, terutama persoalan yang menyangkut pemerintah, seperti rekomendasi terkait pembahasan redistribusi aset dalam pandangan Islam,” ujar Presiden dihadapan ribuan para ulama se Indonesia yang hadir.

Ditegaskan oleh Presiden Jokowi bahwa pandangan para ulama sangatlah penting, agar apa yang menjadi kebijakan pemerintah terkait retribusi aset bisa sesuai aturan agama dan hukum yang ada. “Karena persoalan aset bukanlah menyangkut nominal kecil sehingga harus dipastikan adil dan sesuai aturan hukum,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr TGH Zainul Majdi saat menyampaikan sambutan selamat datang kepada ribuan undangan, mengungkapkan sebuah pesan dari guru besar sekaligus pahlawan nasional asal Nusa Tenggara Barat, TGKH Muhamad Zainuddin Abdul Majid. Yakni untuk senantiasa menghidupkan iman dan taqwa, cinta teguh pada agama dan negara.

Gubernur juga berharap, seluruh rangkaian acara Munas dan Konbes dapat berjalan lancar dan menghasilkan keputusan yang bermanfaat.

Ketua Umum Pengurus Besar NU (PBNU), KH Said Aqil Siroj mengatakan, Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2017 mengambil tema ‘Memperkokoh Nilai Kebangsaan Melalui Gerakan Deradikalisasi dan Penguatan Ekonomi Warga’. Tema ini dipilih mengingat perkembangan kekinian yang dihadapi bangsa Indonesia.

“Mengapa tema ini penting, sebab akhir-akhir ini semangat nasionalisme kita agak pudar dan agak luntur, dengan adanya keterbukaan era reformasi dan teknologi yang sangat canggih, kemajuan yang luar biasa, banyak bangsa yang terpengaruh oleh provokasi radikalisme”, jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, penyelenggaraan Munas Alim Ulama dab Konbes NU dilaksanakan dalam rangka menghasilkan keputusan-keputusan strategis dan fundamental bagi kemaslahatan umat, untuk keutuhan bangsa dan negara. Pada Munas kali ini, ungkapnya, akan dibahas 18 persoalan strategis bangsa dalam Bahtsul Masail oleh para kiai NU. Diantaranya pembahasan masalah undang-undang yang mengatur tentang penyandang disabilitas, agar mendapat perlakuan dan hak yang sama dari negara.

Munas Alim Ulama dab Konbes NU 2017 akan berlangsung 23-25 November 2017, dipusatkan di lima pondok pesantren NU seperti Ponpes Darul Hikmah, Darul Quran, Darul Fallah, Nurul Islam dan Ponpes Al Halimi. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Hunian Tetap (Huntap) di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB, Kamis 29 Desember 2022. Huntap tersebut...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, SIK, memberikan pengarahan kepada  anggota saat apel siaga di Taman Ama Hami, Kami pagi. Kapolres meminta...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sesuai tentatif, Presiden RI, Joko Widodo, tiba di Bandara Bima, Rabu 28 Desember 2022 sore dan menginap di sebuah hotel di kawasan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pesawat Presiden Joko Widodo tiba di Bima, Rabu (28/12/2022) sekitar pukul 17.06 Wita. Menggunakan pesawat Kepresidenan, Presiden Jokowi didampingi ibu negara Iriana...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan rombongannya, diagendakan akan tiba sore hari ini, Rabu 28/12/2022 di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima....