Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Berkas Kasus K2 Dompu Masih Mondar Mandir

Kapolda NTB, Brigjen Drs Firly, MSi

Dompu, Bimakini.- Kasus Kategori Dua (K2) CPNS yang menetapkan Bupati Dompu, H Bambang H Yasin sebagai tersangka hingga kini belum tuntas. Kasus yang menjadi perhatian publik itu bakal merayakan “ulang tahun” pertama beberapa bulan ke depan.

Berkas perkara tersebut, tidak terhitung lagi sudah berapa kali Pulang-Pergi (PP) dari Penyidik Polda NTB dengan Jaksa peneliti pada Kejaksaan Tinggi NTB. Alasan utama, berkas belum memenuhi unsur.

Kapolda NTB, Bigjen Pol Drs Firly, MSi, mengaku penegakan hukum tidak boleh melanggar hukum dan tidak ada istilah lempar-lempar.

“Jika berkasnya sudah lengkap, kita ajukan ke Kejaksaan. Kewenangan pihak Kejaksaan meneliti berkas yang diajukan,” tepisnya saat menjawab wartawan usai acara pisah kenal pejabat Kapolres Dompu, Senin (04/12).

Dia menegaskan, jika berkas dimaksud sudah diangggap lengkap dan memenuhi unsur, Kejaksaan akan melimpahkan ke Pengadilan. “Kalau belum, dikembalikan lagi ke Penyidik untuk dilengkapi,” imbuhnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kapolda mengatakan, selesai atau tidak kasus tersebut tergantung dua hal. “Kalau sudah lengkap, diajukan lagi dan kalau sudah cukup bukti, kasusnya dilanjutkan,” katanya.

Kapolda berjanji, pihaknya tetap akan melengkapi berkas perkara. Namun, Kapolda belum menjelaskan hingga kapan kasus K2 akan berakhir.

Kasus K2 yang menetapkan Bupati Dompu sebagai tersangka tersebut, masih menyisakan pertanyaan masyarakat Dompu. Masyarakat mempertanyakan tersangka yang tidak ditahan.

“Penegakan hukum tidak boleh melanggar hukum. Demikian pula penahanan tersangka, bukan berdasarkan desakan, tetapi lebih berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku,” tampiknya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kapolda membantah, tidak pernah menyampaikan pernyataan kasus dimaksud akan di SP3-kan oleh Penyidik “Sudah menjadi kewajiban penyidik untuk terus melengkapi berkas yang diminta Kejaksaan,” tandasnya. (JUN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini.- Sampai dengan saat ini kasus Perekrutan CPNS melalui Katagori  Dua (K2) Kabupaten Dompu belum ada titik terang. Bahkan kasus itu sudah berjalan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.- Ratusan massa yang tergabung dalam Forum CPNS K2 Kabupaten Dompu, Kamis (19/9) mendatangi Kantor Bupati Dompu. Mereka menuntut status CPNS yang telah...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini.- Kasus Kategori Dua (K2) Kabupaten Dompu, hingga kini pemberkasannya belum tuntas. Kenyataan itu menuai beragam tangapan dari masyarakat. Juga memertanyakan kinerja jaksa...

Hukum & Kriminal

  Dompu, Bimakini.- Kasus Kategori Dua (K2) yang belum kunjung tuntas ditangani Polda NTB menuai beragam tanggapan. Masyarakat menilai sebaiknya dihentikan, praktisi hukum justru...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini.- Bagaimana kelanjutan proses hukum kasus CPNS Kategori Dua (K2) yang diduga melibatkan Bupati Dompu, Bambang M Yasin hingga saat ini? Hingga Jumat...