Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Keberhasilan NTB, Berkat Sinegisitas Pemerintah dan Masyarakat

Upacara HUT ke-59 tingkat Kabupaten Dompu berlangsung khidmat meski diguyur hujan deras, Ahad.

Dompu, Bimakini.- Pesatnya berhasilnya pembangunan di Provinsi NTB, tidak terlepas dari sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat. Termasuk sumbangsih kepala daerah kabupaten dan kota se-NTB.

Hal itu disampaikan Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin saat membacakan amanat Gubernur NTB, Dr H  Zainul Majdi saat upacara HUT ke-59  NTB di lapangan Bola, Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu, Ahad (17/12).

Kendati upacara diwarnai hujan lebat, namun tetap berjalan hikmat. Upacara itu juga dirangkai peringatan Hari Ibu ke-89 dan Hari Bela Negara ke-69 .

Gubernur dalam amanatnya menyampaikan, berbagai penghargaan telah diraih Pemerintah NTB. Termasuk gelar Pahlawan Nasional untuk putra terbaik NTB, yakni Maulana Syaikh TGKH Muhamad Zainudin Abdul Majid.

Apresiasi juga disampaikan Gubernur kepada seluruh masyarakat NTB dan pemangku amanah. Terutama para pimpinan dan anggota DPRD NTB, Bupati dan Walikota yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan daerah.

Gubernur memaparkan laju pertumbuhan ekonomi NTB mencapai 9,9 persen. Jauh melampui pertumbuhan ekonomi nasional hanya 4,9 persen. Demikian juga tahun 2016, pertumbuhan ekonomi NTB mampu konsistan di atas rata rata nasional.

Tingkat pengangguran pun dapat ditekan hingga 3,32 porsen, bahkan terendah dari 33 Provinsi di Indonesia. Pemerintah juga mampu memerbaiki tata kelola pemerintahan menuju kearah lebih baik, transparan, efektif, dan akuntabel. Bahkan mampu memertahankan WTP selama enam tahun.

Gubernur juga menyampaikan rasa syukur, karena warga NTB memiliki semangat kebersamaan dalam membangun dan memerjuangkan kesejahteraan. Diakuinya dalam satu dasawarsa ini telah memberikan perubahan bagi daerah.

Terutama dalam bidang Infrastruktur, aksebilitas perhubungan, pendidikan, serta kesehatan. Momentum HUT ke- 59 NTB memiliki makna khusus bagi Gubernur NTB, karena menjadi periode terakhir memimpin daerah ini.

Rasa syukur juga, disampaikan Gubernur berkat dukungan dan kerjasama semua masyarakat,  sehingga berada di jalan yang benar. Serta menorehkan pencapaian dan menumbuhkan optimisme yang terus berkembang.

Meskipun disadari masih terdapat persoalan yang menuntut perhatian. “Potret pembangunan NTB dalam kurung sembilan tahun terus mengalami kemajun,” kata Bupati Dompu yang membacakan amanat Gubernur NTB.

Imbauan lainnya, agar pencapaian indikator kinerja yang telah ada dalam RPJMD dilaksanakan. Meningkatkan kinerja, kordinasi dan komunikasi antarsektor.

Demikian pula terkait dengan agenda demokrasi Pilkada 2018 mendatang. Diharapkannya seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk menyukseskannya dengan mengedepankan politik yang santun, mencerdaskan dan bermartabat.

“Sungguh kerugian besar akan kita hadapi apabila agenda pilkada diciderai oleh munculnya provokasi dan anarkisme”, ungkap Gubernur diakhir. (JUN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Pada upacara puncak peringatan HUT ke-59 Provinsi NTB di ex Bandara Selaparang Rembiga Mataram, Minggu (17/12/2017), Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul...

NTB

Mataram, Bimakini.- Memotret NTB dari berbagai sisi dalam usianya ke 59 tahun ini, tentu harus diakui terlihat semakin cantik dan menawan. Ibarat gadis cantik,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengaku sangat bangga dengan hasil-hasil karya desain poster Maulana Syaikh dari para peserta lomba desain...

NTB

Mataram, Bimakini.- Memeriahkan HUT NTB ke-59 tahun ini, akan diselenggrakan “Rally Sepeda Bima – Mataram”. Gowes rame-rame untuk masyarakat NTB itu akan dilaksanakan pada...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin, SH. M.Si didampingi para Kepala OPD, ASN Pemprov NTB dan berbagai lapisan masyarakat Nusa Tenggara Barat...