Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Pemprov NTB Bergerak Cepat, Hijaukan KEK Mandalika

Wagub NTB, HM Amin saat kegiatan penghijauan dikawasan KEK Mandalika.

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB bergerak cepat menindaklanjuti pesan  Presiden RI, Joko Widodo, saat  meresmikan beroperasinya  KEK Mandalika, Jum’at (20/10/2017), yang meminta agar LTDC bersama Pemda NTB dan Kabupaten Lombok Tengah serta masyarakat sekitarnya melakukan penghijauan pada bukit-bukit dan lahan lahan gundul yang ada di kawasan penyangga dan destinasi  pariwisata berkelas dunia itu.

Hari ini, Jumat (8/12/2017), dirangkaikan dengan kegiatan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 2017, Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin, SH. M.Si bersama Bupati Loteng, H.Suhaili FT dan ratusan ASN Pemprov NTB, Pemkab Loteng, TNI-Polri dan masyarakat, melakukan  penanaman 2.800 pohon berbagai jenis, seperti pohon Tiin yang khusus didatangkan dari Timur Tengah, pohon Trembesi dan pohon Alpukat. Penanaman tersebut dipusatkan mulai dari sekitar  halaman Masjid Nurul Bilad dan Kawasan sekitar Mandalika resort.

Dalam sambutannya, Wagub Amin mengajak masyarakat untuk gemar menanam diiringi dengan keuletan dan ketekunan untuk merawatnya. “Ini  merupakan tindaklanjut dari  instruksi Presiden beberapa waktu lalu, sekaligus implementasi nyata dari kerjasama semua pihak untuk memakmurkan rakyat dengan cara melakukan pelestarian alam sekitar,”  ujarnya.

Dia menghimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kelestarian kawasan hutan yang ada di NTB dan minimal menanam 25 pohon seumur hidup, sebagai bentuk kontribusi mengurangi emisi karbon di dunia.

Wagub mengingatkan seluruh elemen masyarakat agar dalam pemanfaatan lahan untuk produk-produk unggulan, tidak mengabaikan kaidah konservasi sehingga terhindar dari bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Strategi peningkatan produk itu, kata Amin memang harus  dijaga. “Namun tetap harus memperhatikan kaidah konservasi. Karena biaya untuk melakukan pembenahan akibat dari bencana alam menurutnya akan jauh lebih besar dibanding manfaat yang dirasakan masyarakat,” jelasnya.

Karenanya Wagub menekankan pentingnya menjadikan perbaikan kualitas dan keindahan alam sebagai prioritas utama di NTB, khususnya di jawasan KEK Mandalika ini.

Dia berpesan agar pengembangan hutan lindung kedepan, lebih menggalakkan tanaman hutan yang menghasilkan. Penggantian jenis pohon diupayakan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Wagub, kelestarian hutan mempunyai peranan sangat penting untuk penyediaan air bersih yang berasal dari hutan. Selain  mencegah bencana dan yang lebih penting lagi adalah pengurangan emisi karbon di dunia.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah dalam sambutannya menyoroti kerusakan hutan di Lombok Tengah sebagai sebuah permasalahan besar yang harus segera ditangani secara bersama-sama. “Kondisi alam mulai dari kawasan Bukit Tunak sampai dengan Selong Belanak, mengharuskan semua pihak untuk bahu-membahu menyelesaikan kerusakan lingkungan ini, agar kita terhindar dari bencana, mulai dari kekeringan, banjir dan tanah longsor,” katanya.

Dihadapan peserta penanaman pohon yang terdiri dari OPD lingkup Pemkab Lombok Tengah, Bupati mengatakan ada sekitar 2200 lebih kawasan konservasi di Lombok Tengah yang kondisinya gundul. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak terkait mulai dari desa sampai kepada pemerintah kabupaten Lombok Tengah untuk menghijaukan kawasan Mandalika sesuai Instruksi Presiden agar kawasan Mandalika semakin cantik dan diminati para wisatawan.

“Semoga momentum hari ini sebagai pemicu dan pemacu dalam berbagai aspek untuk kemajuan NTB, khususnya Kabupaten Lombok Tengah yang kita cintai ini,” harapnya. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Pulau Lombok H Rachmat Hidayat, menyampaikan apresiasi tersebut di Mataram, Minggu (13/2), bersamaan dengan hari terakhir...

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- Jajaran pemerintah daerah, para alim ulama, dan seluruh masyarakat Lombok Tengah menghaturkan terima kasih yang tiada terhingga kepada Presiden Joko Widodo. Termasuk...

NTB

Mataram, Bimakini.- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menegaskan bahwa sebelum event MotoGP digelar Oktober – Nopember mendatang, maka setiap minggu dan setiap...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, bersama unsur Forkompinda dan pihak PT. ITDC menyambut baik keberadaan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)...

NTB

Mataram, Bimakini.- Penggusuran di area MotoGP Kute Lombok tahap dua yang rencananya awal Oktober 2020, diharapkan tidak terjadi dan ITDC diminta mengedepankan musyawarah, dialog,...