Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Yuk, Daki Tambora Melalui Jalur Oi Marai-Kawinda Toi

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri saat meresmikan pendakian gunung Tambora melalui jalur Oi Marai Kawinda Toi, Selasa.

Bima, Bimakini.- Bagi penyuka pendakian, khususnya Gunung Tambora, tidak ada salahnya mencoba jalur baru ini. Jika sebelumnya, melalui Desa Pancasila, maka kini bisa melalui jalur Oi Marai, Desa Kawinda Toi, Kabupaten Bima.

Ada spot yang bagus melalui jalur ini. Salah satunya aur terjun tujuh tingkat.

Jalur ini diresmikan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri Selasa (12/12/2017). Jalur ekspedisi tersebut dirintis Kelompok Pecinta Alam (KPA) Algura.

Jalur ini  menyuguhkan potensi alam air terjun tujuh tingkat. Peresmian jalur ini ditandai penarikan tirai tugu pintu masuk jalur pendakian. Juga penanaman pohon disekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Tambora (KTNGT).

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri mengatakan, jalur pendakian Oi Marai Desa Kawinda Toi ini, merupakan jalur alternatif bagi pendaki dan wisatawan. Selain jalur Piong yang sudah lama digunakan.

Namun, kata bupati, jalur ini memiliki spot dan pemandangan yang bagus. Memberikan warna tersendiri bagi siapapun yang melewatinya.

“Kita mendukung dengan ditetapkannya Geopark Tambora, ini salah satu dukungan diberikan Pemda,” ujarnya.

Kata dia, dengan dibukanya jalur pendakian Oi Marai Desa Kawinda Toi ini, member alternative selain melalui Pancasila dan Piong. “Kalau Jalur Pendakian Oi Marai dan Pinong diminati pendaki, maka kehidupan dan perekonomian masyarakat akan meningkat,” jelasnya.

Kata dia, untuk menuju puncak lebih dekat melewati jalur Kawinda Toi. “Ini sebagai ajang promosi destinasi wisata,kita akan sampaikan di Dinas Pariwisata untuk meramu dua jalur pendakian kebanggaan Pemerintah Kabupaten Bima,” katanya.

Melalui BAPPEDA Kabupaten Bima telah merencanakan pengembangan kawasan Tambora yang masuk dalam data administrasi Pemerintan Kabupaten Bima. “Tim Geopark sendiri mengakui bahwa gunung Tambora ada di dua wilayah, Kabupaten Bima dan Kabupaten Bima, tapi kita punya dua jalur yang lebih menarik dibandingkan jalur lain,” katanya.

Dia meminta tidak hanya pemerintah dan masyarakat local yang berperan memeromosikan dua jalur pendakian milik Kabupaten Bima, tapi semua elemen.

“Ada tujuh tingkat air terjun di jalur Oi Marai Kawinda Toi ini, saya hanya sampai di air terjun ke tiga, saja berjanji akan mengundang kembali pada event-event selanjutnya untuk menghadirkan pelaku wisata untuk sama-sama mencoba jalur pendakian ini,” ujarnya. (MAN)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-  Seorang pendaki di Kawasan Taman Nasional Tambora, memetik bunga Edelweiss tepatnya di Puncak Jalur Pendakian Piong, Kabupaten Bima. Pendaki tersebut mengunggah fotonya...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  September ceria. Sepertinya cocok buat menggambarkan kegembiraan para pendaki yang sudah lama ingin menggapai puncak Gunung Tambora. Jika tidak ada kendala, pendakian...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Kepala Kantor Balai Taman Nasional (TN) Gunung Tambora, melalui Kepala Resor Piong Sabaruddin, Shut, menejaskan, bahwa jalur pendakian di gunung Tambora belum...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Taman Nasional (TN) Gunung Tambora sebelumnya ditutup karena pendemi Covid – 19. Kini Kantor Balai Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT), membuka kembali...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Setelah diberlakukannya normal baru (New Normal), Jalur pendakian dan destininasi wisata air terjun bidadari Oi Marai Gunung Tambora kembali dibuka, Selasa (7/7)....