Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kejujuran, Modal Utama jadi Pemimpin

Wakil Ketua MK, Dr H Anwar H Usman, SH, MH saat Pembinaan Aparatur Desa dan BPD Se Kabupaten Bima di Paruga Na’e, Kecamatan Bolo, Ahad (14/1).

Bima, Bimakini.- Kejujuran adalah modal utama tntuk menjadi pemimpin. Dengan kejujuran akan lahir kepercayaan publik, sehingga mengangkat elektabilitas.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Dr H Anwar H Usman, SH, MH saat Pembinaan Aparatur Desa dan BPD Se Kabupaten Bima di Paruga Na’e, Kecamatan Bolo, Ahad (14/1).

Dikatakannya, kejujuran itu gampang dilakukan. Asalkan memiliki niat untuk melakukannya. Hal itu akan terwujud apabila berpegang teguh pada Alqur’an dan Al Hadist.

“Semua pasti bisa asal ada kemauan. Sesuai firman Allah SWT. Allah tidak mengubah nasib suatu kaum, sampai mereka mengubah keadaan diri mereka, ” ujarnya.

Sambungnya, bukan saja pada tataran kepemimpinan, akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari harus berpegang teguh pada Syariat Islam. Hal itu perlu dilakukan, agar ketenangan dalam hidup bisa dirasakan sekaligus bisa dinikmati.

“Kehidupan harus berlandaskan Al Quran dan Hadist. Dengan begitu, kita akan jauh dari sifat yang tercela, ” terangnya.

Untuk itu, dia meminta agar Kepala Desa (Kades) menggunakan Dana Desa secara transparan. Jangan coba-coba untuk menyelewengkannya. Karena satu perak pun anggaran negara harus dipertanggung jawabkan.

“Hindari praktik negatif dalam penggunaaan Dana Desa. Kalau tidak mau berurusan dengan hukum, ” bebernya.

Selain itu, Anwar menyampaikan beberapa kewenangan MK sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 45. MK berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya final untuk menguji UUD 45. Memutus sengketa kewenangan lembaga negara, memutus pembubaran Partai Politik dan memutus perselisihan tentang hasil Pemilu.

Selain itu, ada satu kewajiban MK yakni wajib memberikan putusan atas pendapat DPR bahwa Presiden atau Wakil Presiden melakukan pelanggaran. “MK mempunyai empat kewenangan. Dan satu kewajiban, ” jelasnya.

Pantauan Bimakini.com, usai memberikan ceramah umum, Wakil Ketua MK memberikan kesempatan kepada seluruh Kades menyampaikan aspirasi. Kegiatan ceramah umum dalam rangka pembinaan Aparatur Desa dan BPD dihadiri oleh, Kepala Dinas BPMDes, Waka Polres Bima, Camat Se Kabupaten Bima beserta Kades serta BPD. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini. – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Dr. H. Anwar H. Usman SH, MH, akan menikah dengan adik Presiden Jokowi Widodo. Informasi tersebut...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Rupanya kasus pemotongan, pengalihan dana BST Kemensos RI, terjadi di Kabupaten Bima dipantau oleh  Polda NTB. Kapolda NTB, Irjen Pol M. Iqbal,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’un. Kabar duka datang dari keluarga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI). Ibunda dari Ketua MK...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kapolres Bima, AKBP Bagus S Wubowo, SH, SIK, menggelar coffee morning bersama wartawan Bima di Aula Tambora Polres setempat, Sabtu (02/02). Bagus...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Jajaran Polres Bima Kota, memeringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Kamis (22/11). Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Bima Kota. Kegiatan...