Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Kuota Pupuk Stabil, Petani Jangan Risau

Aksi hadang truk pengangkut pupuk oleh warga Leu.

Bima, Bimakini.- Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Bima, Mansyur menyampaikan, kuota pupuk untuk Kabupaten Bima tahun 2018 stabil. Masyarakat diimbau agar tidak risau masalah pupuk.

“Tidak ada kelangkaan pupuk. Sekarang proses penyaluran sedang disiasati,”  ujarnya saat dikonfirmasi di Bolo, Rabu (10/1).

Kata dia, tidak ada kelangkaan pupuk di Kabupaten Bima. Hanya saja masih kurang untuk kuota Januari ini. “Bisa ditarik kuato jatah Februari mendatang. Sehingga kebutuhan petani benar-benar terpenuhi. Kami sudah surati Distributor dan PT Pupuk Kaltim,” ungkapnya.

Menurutnya, pengalokasi jatah pupuk di Tahun 2018 ini, sudah maksimal. Dari 34 ribu ton yang diusulkan, terealisasi 28 ribu ton. “Kalaupun tidak terpenuhi kuato itu, karena dilakukan penarikan kuato dari Februari dimasukkan di Januari. Karena antisipasi kurangnya jatah tersebut bisa diusulkan kembali sesuai kebutuhan warga tani,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, penyediaan pupuknya 2018, penuh. Tidak ada yang kurang. “Kalau kita bandingkan dengan Tahun 2017 kuatonya hanya 22 ribu ton, ” tegasnya.

Dihaarapkannya, warga tidak percaya dengan isu kelangkaan pupuk, sehingga mengambil jatah pupuk warga lainnya. Karena alas an mendesak.

Selain itu, kata dia, petani membeli lebih awal pupuk, padahal belum dibutuhkan. Hal seperti ini  tidak dibenarkan. “Ini yang mengakibatkan petani lain kekurangan pupuk. Karena tujuan membeli pupuk lebih awal tersebut kadang digunakan untuk kebutuhan di lokasi di luar daerah,” ujarnya.

Menyikapi pengambilan jatah pupuk petani lain, Dinas, Sekda, Polres Bima, Dandim dan seluruh Distributor akan duduk bersama. Tujuannya agar tidak terulang. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kelangkaan pupuk menjadi momok menakutkan bagi petani. Betapa tidak, rebutan pupuk urea subsidi di tiap pengecer yang ada di Bima menjadi tontonan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima menemui para pengecer serta para Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Sanggar, Kamis (27/01). Pertemuan ini membahas...

Hukum & Kriminal

Mataram, Bimakini.- Ikatan Mahasiswa Bima (IMBI) Mataram menggelar aksi demonstasi di depan Kantor Mapolda NTB, Kamis, (9/12) dimulai pukul 09.35 Wita.  Puluhan mahasiswa menggedor...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pasca-unjuk rasa petani di Desa Bolo, Kecamatan Madapangga yang menyebabkan terjadinya blokade jalan lintas Bima Dompu hingga terjadi insiden bentrok, Sabtu (4/12)...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Buntut dari aksi hadang jalan yang dilakukan warga Desa Bolo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Sabtu (4/12). Pihak distributor CV Rahmawati menyalurkan pupuk...