Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Prodi Biologi STKIP Bima “Goes To Satonda Island”

Bima, Bimakini.- Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi STKIP Bima kembali memberikan konstribusi positif kepada masyarakat di Kecamatan Tambora melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan itu dirangkaikan dengan kegiatan penelitian.

Pengabdian dan penelitian tersebut dirangkum dalam kegiatan “Biology Goes to Satonda Island”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai 20-21 Januari 2018.

Ketua STKIP Bima, Dr. Amran Amir, M.Pd mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di Bidang Penelitian dan Pengabdian. Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat Kecamatan Tambora.

Hal itu, kata Amran, terlihat dari antusiasme warga  menghadiri acara penyuluhan pemanfaatan tanaman sebagai obat keluarga dan pengolahan limbah kotoran sapi menjadi pupuk organik.

Sementara itu, Camat Tambora, Drs. Israf  menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian dari STKIP Bima. “Kami sangat welcome dengan adanya kegiatan-kegiatan yang memberikan nilai positif bagi masyarakat. Sehingga kami membuka diri untuk berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan potensi daerah dan warga sekita masyarakat Kecamatan Tambora,” tuturnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari UPTD Puskesmas Tambora dan UPTD Dinas Perkebunan Kecamatan Tambora. Melihat banyaknya ternak dan luasnya pekarangan warga yang belum dimanfaatkan maksimal.

Urgensi kegiatan ini guna mengoptimalkan potensi daerah agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar terhadap peningkatan pendapatan masyarakat lokal. Selain itu, mengurangi resiko penyebaran penyakit, serta membudidayakan pemanfaatan obat herbal dalam keluarga.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari STKIP Bima yang diwakili oleh Bapak Muh. Nasir, M.Pd dan Ibu Nurfathurrahmah, M.Pd serta dari UPTD Puskesmas Tambora oleh Bapak Muhammad Idris, S.Kep.Ners.

Setelah rangkaian acara penyuluhan, kegiatan dilanjutkan dengan survey dan pengambilan sampel di wilayah situs Geologi Pulau Satonda. Meliputi penelitian terkait keanekaragaman tanaman dan serangga serta kondisi air Danau Satonda.

Penelitian ini dimaksudkan agar keragaman spesies yang ada di Pulau Satonda dapat dijadikan sebagai salah satu daerah ekowisata  dan terekspos oleh masyarakat. Sehingga nantinya mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Pulau Satonda.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu, kegiatan di atas bertujuan untuk mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Bima dalam mempromosikan Gunung Tambora yang baru-baru ini diresmikan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) sebagai situs Geopark Nasional. Dengan ditetapkannya Gunung Tambora sebagai situs Geopark, maka kawasan geografis dimana situs-situs warisan geologis menjadi bagian dari konsep perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan secara holistik. Penetapan Geopark Nasional Gunung Tambora diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan dan menumbuhkan embrio ekonomi lokal melalui pengembangan sektor pariwisata berbasis kegiatan ecotourism dan agrowisata.

Muh. Nasir selaku ketua rombongan Biology Goes to Satonda Island mengatakan kegiatan seperti ini menjadi agenda rutin Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima dalam mendukung pelestarian SDA dan lingkungan serta sebagai implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi. “InsyaaAllah kegiatan selanjutnya akan kami laksanakan di Bajo Pulo,” ungkapnya. (Advertorial)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kehadiran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima posko Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE, melepas 57 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STKIP)...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Saat ini di almamater  kampus kuning, STKIP Bima, muncul soal dualisme yayasan dan ketua lembaga. Masing-masing pihak saling klaim. Namun, Ketua Yayasan...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala Londa) STKIP Bima, menggelar kejuaraan Sport Climbing Competition, lomba panjat tebing antar pelajar se-Provinsi NTB 2018. Kompetisi tersebut...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Ketua STKIP Bima melalui Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Muhammad Tahir, MPd, masih konsisten untuk mencetak tenaga pendidik professional. Bahkan, pembenahan...