Peristiwa

BKPKP Pastikan Pegawai Bandara dan Pilot Negatif Narkoba

Bima, Bimakini.- Balai Kesehatan Penerbangan Kementerian Perhubungan (BKPKP) RI memastikan pegawai dan pilot maskapai di Bandara Sultan Muhammad salahudin (SMS) Bima negatif konsumsi narkoba.

Kepastian itu diketahui setelah mengadakan tes urine terhadap pegawai Bandara setempat dan para pilot, Selasa (30/1).

Pantauan wartawan, kegiatan itu di bagi pada dua tempat. Tim pertama, di ruang tunggu penumpang dengan sasaran pilot, pramugari, dan kru pesawat.

Tim dua berada di lantai dua Bandara SMS Bima dipimpin Kepala Bandara, Taslim Badaruddin, dan pegawai setempat.

Tes urin melibatkan semua PNS UPBU Sultan Muhammad Salahuddin Bima dan dipantau oleh Kepala Bandara. Selain itu, karyawan Airnav Indonesia, Kru pesawat NAM Air, Lion Air, dan Garuda Indonesia juga diambil sample yang dipimpin Ketua Tim, dr Erma Rezki Haryati, FS.

Kegiatan itu rutin dilaksanakan bersama Balai HAPEN berdasar MoU dengan BNN dengan tujuan pemeliharaan dan pengawasan kru pesawat dan petugas Bandara.

“Sebanyak 100 sampel diambil dari pilot, kru pesawat, dan pegawai Bandara. Hasilnya negatif menyalahgunakan narkoba,” tutur dr Erma Rezki Haryati, FS, dikonfirmasi usia kegiatan.

Dia mengatakan, kegiatan Ram chek di lokasi seperti yang dilakukan itu BKPKP RI Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tidak saja dilakukan di Bandara SMS Bima, namun kegiatan serupa akan melakukan di Bandara Solo dan Pekanbaru, Riau.

“Rutinya, setiap bulan tetap Ram check untuk kru pesawat dan pegawai Bandara di balai kesehatan kementerian perhubungan RI,” terangnya.

Kepala Bandara SMS Bima, Taslim Badaruddin, SH, MM, mengapresiasi pegawai UPBU, pilot, kru pesawat, dan karyawan PT Gapura Angkasa berpartisipasi mengikuti Ram chek uji Narkoba.

“Saya undang mereka untuk sosialisasi, bukan kegiatan cek uji narkoba. Tetapi, mereka antusias bersedia mengikuti pemeriksaan dan hasilnya dinyatakan negatif oleh dokter ahli,” terangnya.

Dia mengatakan, mendukung penuh kegiatan itu dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba pada sektor transportasi.

Dia menambahan, Kemenhub RI aktif sosialisasi pencegahan narkoba kepada seluruh unit terkait, termasuk di Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kemenhub RI.

“Pemeriksaan seperti ini akan tetap berlanjut, terutama secara acak kepada pilot, kru maupun kepada pegawai Bandara dan karyawan PT Gapura Angkasa,” ungkapnya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 59
    Shares
To Top