Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SGI Kabupaten Bima Buka Kelas Inspirasi

Bima, Bimakini.- Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten Bima membuka program kelas inspirasi di SMA sederajat. Kegiatan melibatkan para inspirator dari berbagai profesi atau pekerjaan untuk berbagi inspirasi dengan siswa-siswi SMA/SMK Kota dan Kabupaten Bima.

Ketua Umum SGI Kabupaten Bima Eka Ilham, MSi menjelaskan, tim kelas inspirasi mendatangi setiap sekolah untuk berbagai pengalaman dengan siswa. Kegiatan ini melibatkan seluruh Koordinator Wilayah (Korwil) di 18 Kecamatan di Kabupaten Bima.

“Tujuan kegiatan kelas inspirasi adalah keteladanan yang disampaikan para inspirator, sehingga menjadi orang-orang sukses,” ujar, Jumat (23/2).

Kata dia, para inspirator yang dipercaya itu terdiri dari guru, dosen, wartawan, pengusaha, politikus, seniman, serta yang dianggap sukses dibidangnya. “Mereka yang sudah sukses diberbagai bidang profesilah yang menjadi inspiration bagi siswa dan siswi di SMA sederajat,” ujarnya.

Kata dia, yang ditemukan saat  kegiatan inspirasi, siswa mengalami krisis sikap dan prilaku. Contoh kecil cara berbicara dengan gurunya, terlihat tidak menghormati.

“Siswa banyak yang tidak menghormati guru dalam bertutur kata dan bersikap, timbulnya tindakan kekerasan oleh guru terhadap muridnya dan sebaiknya murid terhadap gurunya dan orang tua wali terhadap gurunya,” ungkapnya.

Eka mencontohkan, kasus pemukulan murid terhadap guru seni rupa di Sampang Madura yang mengakibatkan guru bernama Budi meninggal dunia. Kasus terbaru di Sulawesi Utara, oknum wali murid menghakimi seorang kepala sekolah.

“Bukan tidak mungkin sudah banyak terjadi di daerah Bima. Apa yang harus dilakukan dengan problem pendidikan kita hari ini, kalau kondisi mengancam keselamatan oendidik dan tenaga kependidikan,” kata dia.

Lanjut dia, menindak adanya kasus penganiayaan terhadap guru yang terjadi di Indonesia, SGI Kabupaten Bima mencoba sesuatu dengan menghadirkan kelas inspirasi bagi para siswa. Kelas inspirasi yang pertama, sudah laksanakan di SMKN 10 Bima dengan inspirator Damhuji, M.Pd, MA seorang akademisi di salah satu perguruan tinggi swasta di Kabupaten Bima.

Kedua, kelas Inspirasi di MTS Nurul Muhdar Kecamatan Bolo dengan menghadirkan inspirator-inspirator yang sukses dibidangnya. Kegiatan ini akan terus laksanakan dan diharapkan memberikan warna dunia pendidikan.

“Hari ini kami telah melaksanakan di Bolo. Kami meminta para relawan inspirator dari berbagai profesi untuk bergabung dengan SGI Kabupaten Bima untuk ikut terlibat di kelas dengan cara menghubungi kami atau mendaftarkan diri di kesektariatan SGI Kabupaten Bima, ” ujar Ilham. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Serikat Guru Indonesia (SGI) Kabupaten Bima  menggelar diskusi reflekasi Pendidikan dan  Kebudayaan NTB, Kamis (30/12/2021). Diskusi di Rumah Makan Sabar Subur Palibelo...

Opini

Oleh: Eka Ilham,S.Pd., M.Si Guru merupakan manusia pertama yang dikenal murid-muridnya. Guru mengajarkan tentang semua yang ingin diketahui oleh murid-muridnya. Guru adalah tempat murid-muridnya...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Hasil seleksi calon kepala sekolah (Cakep) tahun 2019 yang baru diumumkan 30 Januari 2020 menuai polemik dan pertanyaan bagi peserta lainnya. Pengumuman...

Berita

PANITIA Kelas Inspirasi (KI) mengundang secara terbuka para pekerja profesional untuk terlibat sebagai inspirator.  Mereka hadir di depan kelas da diberikan kesempatan mengajar sehari...

Berita

HARI begitu cerah. SDN O’o yang dikeliling pepohonan rimbun di puncak Donggo, lumayan sejuk. kegaduhan siswa yang mengikuti Kelas Inspirasi (KI) membuat sekolah itu...