Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Dakwah Itu Menyatukan, Bukan Memecah Belah

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengatakan, ketika berdakwa hendaknya menyampaikan materi yang menyatukan, bukan memecah belah.

Hal itu disampaikan Gubernur saat diundang TVOne untuk menjadi narasumber pada program Damai Indonesiaku, yang disiarkan Live di TVOne, Sabtu (17/3/2018).

Pada program yang disiarkan langsung di Masjid Al-Ittihad, di Kawasan Kota Legenda Wisata, Cibubur-Jawa Barat itu, Gubernur  menyampaikan materi terkait kesyukurun. Terlebih menyukuri karunia Allah atas Indonesia yang begitu luas dan penuh kakayaan yang luar biasa. “Salah satu keberkahan hidup adalah mensyukuri karunia Allah,” jelas TGB pada acara yang mengusung tema “Rasa Syukur dalam Kebangsaan” itu.

Lebih lanjut TGB menjelaskan bentuk kesyukuran yang harus ada dan terpatri dalam diri orang beriman adalah pertama, pengakuan yang tulus dalam diri kita, bahwa segala nikmat yang diperoleh merupakan karunia yang berasal dari Allah SWT.  Yang kedua lanjut TGB, mengucapkan dengan lisan, berupa ungkapan alhamdulillah, atas apa yang dikaruniakan oleh Allah SWT. Bentuk kesyukuran yang ketiga, menggunakan seluruh apa yang ada dalam diri kita, termasuk seluruh panca indra, untuk melakukan hal-hal baik.

“Melangkahkan kaki ke tempat-tempat yang bermanfaat, hadir untuk sholat berjama’ah, melangkahkan kaki untuk bersilaturrahim kepada sahabat, kerabat atau melangkahkan kaki untuk mencari nafkah yang halal, merupakan salah satu bentuk kesyukuran,” jelasnya.

Bersama Habiburrahman El-Shirazy atau yang lebih akrab disapa kang Abik, TGB mengajak seluruh anak bangsa untuk menyukuri karunia Allah atas Indonesia ini. Sebuah negara besar yang dikaruniai keindahan, keberagaman suku, agama, bahasa dan adat istiadat yang dengan kebaragaman itu, seluruh anak bangsa mampu hidup rukun dan saling menguatkan.

“Perbedaan yang seperti  ini, Allah ikatkan kita dalam persaudaraan,” ungkap Gubernur NTB dua periode tersebut.

Hal ini berbeda dengan apa yang terjadi di berbagai belahan dunia saat ini, lanjut TGB. Dimana, ada bangsa yang hanya satu suku namun tidak mampu hidup rukun. Bahkan saling berselisih yang pada akhirnya berpecah belah dan saling memusuhi. “Di dalam bangsa Indonesia ini, sungguh nyata kasih sayang Allah kepada kita,” jelas TGB seraya menjelaskan bahwa tugas kita atas semua karunia Allah itu adalah menjaganya dengan cara mengokohkan persatuan antara sesama anak bangsa.

TGB mengajak seluruh anak bangsa untuk mensyukuri karunia Allah di Indonesia ini. Sebab, dengan kedamaian yang terus dikokohkan seluruh anak bangsa, kerja-kerja dakwah Islam dapat dilakukan dengan leluasa. Yakni, dakwah yang menyatukan bukan yang memecah belah. “Dalam berdakwah, kita dianjurkan untuk memudahkan bukan menyulitkan dan menyampaikan kabar gembira bukan keputusasaan,” tutupnya. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Pemerintah Provinsi NTB melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy, menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi terkini Gubernur NTB periode...

Politik

Mataram, Bimakini.- Nama-nama calon menteri Jokowi-Ma’ruf Amin terus menyeruak. Partai politik maupun ormas menyodorkan kader mereka. Lembaga Kajian Publik dan Politik M16 menilai Gubernur...

NTB

Mataram, Bimakini.- Senin (17/9/18), genap sepuluh tahun sudah Gubernur NTB, Dr. TGH Zainul Majdi, mengabdi untuk NTB. Sebuah perjalanan panjang untuk membangun dan memberikan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB menggelar penggalangan dana di Jakarta. Penggalangan dana tersebut bertajuk “Malam Dana untuk Lombok Sumbawa dan Peluncuran Buku TGBNomic”, di Ballroom...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, meluncurkan sebuah buku berjudul “TGBNomic”. Peluncuran tersebut digelar pada Acara Malam Dana untuk Lombok Sumbawa...