Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Deta Pustaka, Asah Minat dan Bakat Anak

Peserta Delta Pustaka saat mewarnai gambar.

Bima, Bimakini.- Deta Pustaka menggelar acara rutin mingguan bertajuk Pekan Bakat dan Minat (PBM),  Ahad (18/3/18). PBM digelar sebagai wadah anak usia dini menunjukkan bakat dan kemampuannya.

Seperti menyanyi,  menari, modern dance, patu mbojo, puisi, menggambar, serta mewarnai. Diawal kegiatan, peserta disambut Tari Wura Bongi Monca (Tari kreasi Tadisional Bima) yang dipersembahkan oleh Sampela Nggaro Lembo binaan DetaPustaka.

Pendiri Deta Pustaka, Ayu Lestari mengatakan, selain kegiatan literasi, juga aktif membina bakat anak-anak desa Rasabou dan sekitarnya. Seperti dari Desa Rato, Kananga, Leu, dan Tambe.

Acara yang dihelat di kediaman pendiri TBM Deta Pustaka ini terletak di Dusun Nggaro Lembo, Desa Rasabou, Kecamatan Bolo.

“Kegiatan seperti ini rutin dilakukan seminggu sekali, hanya saja kegiatanx berbeda-beda disesuaikan dengan mood anak-anak. Kadang ide itu datangnya dari anak-anak Deta sendiri. Mereka yang meminta untuk diadakan kegiatan dan ingin tampil,” ujar Sampela Siwe Mbojo 2016 ini.

Kegiatan ini, kata De Tary, sapaan akrabnya, sebagai  wadah  melatih anak-anak agar berani tampil di depan umum.

Hadir pada kegiatan itu, Kabid Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, Basyirun H Jaharudin. Sekaligus datang dengan mobil perpustakaan keliling.

“Hari ini perpustakaan keliling mengunjungi Deta Pustaka,” ujarnya.

Peserta pun terlihat antusias, seperti Cahayu, menampilkan bakat menyanyinya dalam bahasa inggris. Putri dengan bakat tari, dan juga Abdi menunjukkan bakatnya membacakan puisi Do’a karya Chairil Anwar.

Diharapkannya, disatu pekan nanti kegiatan itu mendapat kunjungan dari Bupati Bima, sekaligus meresmikan Rumah Baca Deta Pustaka. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

  Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE saat menjadi pembicara pada Talkshow Peresmian Gedung Perpustakaan Kota dan Kabupaten Bima, Selasa 22...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE, menilai Program INOVASI telah banyak memberikan kontribusi untuk sektor pendidikan.  Untuk itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD)...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Gerakan literasi “Sastra Goes To School”, Senin (7/2/2022), berlangsung di SDN belo, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima. Kegiatan literasi ini juga sekaligus membagikan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Praktek Literasi Taman Baca Masyarakat (TBM) Sarangge Baca Bima dijadikan media pengumpulan bahan jurnalis sekolah oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Keberadaan Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) dianggap memberi dampak berarti dan  dalam pelayanan pendidikan di masyarakat.  Khususnya menyangkut anak masa...