Peristiwa

Durian Parado Mulai Panen, Rasanya Manis, Bijinya Kecil

Buah durian di Kecamatan parado yang sedang panen. Rasanya manis dan bijinya kecil.

Bima,  Bimakini.- Kota Bima saat ini diserbu durian dari Bali dan Lombok. Namun, rupanya di Parado juga saat ini sedang musim durian, rasanya pun tidak kalah enak.

Durian yang dijual di Kota Bima saat ini harganya mulai Rp 20 ribu hingga Rp55 ribu. Ada juga yang menjual di atas harga itu.  Tahun ini jumlah durian yang masuk ke Kota Bima lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Petani Durian Parado, Agus mengaku, masih banyak yang belum mengetahui Kecamatan Parado sedang musim  panen durian. Namanya, Durian Lentu. “Rasanya pun tak kalah enak dari durian yang dijual kebanyakan,” ujarnya, Sabtu.

Begitupun dikatakan H A Latif, warga Parado yang juga memiliki kebun durian. Dia  mengaku, saat ini sedang panen Durian Lentu. Dalam sehari, satu pohon durian yang berukuran besar bisa diambil hingga ratusan buah. “Bahkan kalau malam hari banyak durian yang jatuh,” katanya.

Kata Latif, kebun durian miliknya terbilang jauh dari pemukiman warga. Jaraknya sekitar 5 kilometer berjalan kaki. Tapi jika menggunakan motor bisa lebih dekat. “Jika sudah musim begini, baru tiba di kebun aromanya sudah menyengat hidung,” ujarnya.

Menurut Latif, Durian Lentu isinya banyak, tapi bijinya kecil. Jadi daging yang membalut bijinya cukup tebal. “Rasanya juga manis,” tuturnya.

Kata dia, Pohon Durian di Parado tumbuh di pegunungan dekat dengan mata air. Makanya, pohon tersebut bisa tumbuh subur. Sejumlah  warga sekitar juga sudah banyak yang menanam Durian Lentu.

Selama ini, durian miliknya tidak dijual. Tetapi jika ada yang ingin membeli, disilahkannya. Ayo ke Parado, cicipi Durian Lentu. Rasanya enak dan manis,” tambahnya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 1K
    Shares
To Top