Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kades Rite Fasilitasi Kebutuhan Eks Napi Terorisme

Kades Rite, Imran

Bima, Bimakini.- Kepala Desa Rite Kecamatan Ambalawi, Imran, memfasilitasi semua keperluan Eks Nara Pidana (napi) kasus terorisme, DI. Pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) hingga pemberian modal udaha.

Ditemui di Unit Pelayanan SIM Satlantas Polres Bima Kota, Selasa (15/03), Imran mengatakan, tengah mendampingi warganya, DI (24), asal Dusun Sonco Lumba Desa Rite Kecamatan Ambalawi untuk pembuatan SIM.

Imran mengaku, DI adalah warga Rite yang baru beberapa bulan lalu bebas setelah menjalani hukuman kaitan kasus terorisme.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dusun Sonco Lumba, Ketua RT, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Dusun Sonco Lumba, agar DI dirangkul,” katanya.

Menurutnya, tidak boleh ada kriminalisasi pada siapa saja dalam hidup bermasyarakat. “Saya menjadi kepala desa untuk melayani dan mengayomi seluruh warga, bukan untuk kepentingan pribadi, bukan untuk kepentingan golongan atau kelompok tertentu,” tuturnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Imran mengaku, dalam beberarapa hari ini telah mengurus Adminduk DI. Hari Senin (15/03), dia mengurus kepesertaan DI sekeluarga dalam BPJS gratis yang dibiayai Pemerintah Daerah.

“Hari ini (kemarin), saya mendampingi DI mengurus SIM. Rencananya, besok (hari ini), akan mendampingi DI mengurus KK dan KTP,” paparnya.

Selain itu, sambung Imran, pihaknya juga akan membantu mengucurkan modal usaha untuk kelanjutan hidup bersama keluarganya.

“DI pernah sampaikan pada saya mau membuka usaha jualan ayam potong. Saya akan membantu sesuai kemampuan, yang penting DI bisa menjalani kehidupan bermasyarakat dengan baik,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia menambahkan, ada 4 warganya yang tersandung kasus terorisme. DI, adalah salah satunya, sedang 3 orang lagi masih menjalani proses hukum.

“Semuanya nanti akan kami rangkul. Begitu pula harapan saya pada masyarakat, kepala desa maupun lurah di Kota dan Kabupaten Bima, agar bisa memperlakukan eks Napi teroris tanpa diskriminasi. Rangkul mereka dan libatkan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan, mereka adalah saudara kita,” harapnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Detasemen khusus (Densus) 88 mengamankan tiga warga Kelurahan Penatoi, Kota Bima, terkait dugaan terorisme, Minggu (19/06/2022). Penangkapan sekitar  Pukul 09 30...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Gerimis  tidak menghalangi semangat Suhail, salah satu eks Napiter menjajakkan dagangannya siang menjelang sore hari itu. Terlebih setelah lima tahun silam, ia...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kapolda Nusa Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol Drs Firli M.Si mengingatkan anggota untuk tetap waspasa, terutama terhadap ancaman terorisme. Hal...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Seperti apa sosok Kurniawan, terduga teroris yang ditangkap Densus 88, Sabtu (17/6/2017) lalu? Kepala Desa Dore, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Nasaruddin HM...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-Teror Mabes Polri menyisir rumah terduga jaringan jaringam Poso, Kurniawan, di Desa Dore Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima Senin...