Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemkot dan BPKP Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP Level 3

Kota Bima, Bimakini.- Inspektorat Kota Bima bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan NTB menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemenuhan infrastruktur peningkatan kapabilitas APIP level 3 di aula Kantor Wali Kota Bima, Selasa (06/3).

Bimtek dibuka oleh Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Dr Ir H Syamsuddin, MS. Turut hadir Inspektur Inspektorat Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa Besar.

Inspektur Inspektorat Kota Bima, Drs H Ramli Hakim,  mengatakan Bimtek digelar selama 3 hari mulai 6 hingga 8 Maret 2018 dan diikuti 28 peserta dari Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Sumbawa Besar.

“Untuk mencapai level 3, sulit, tidak segampang membalikkan telapak tangan dan perlu ada perbaikan sistem, tata kelola, standar operasional prosedur, perencanaan berbasis risiko, pola kerja serta komitmen dan dukungan pimpinan daerah,” terangnya saat menyampaikan pengarahan.

Koordinator pengawasan Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP perwakilan BPKP Provinsi NTB, Tri Wibowo Aji, mengatakan Bimtek penting mencapai level 3 kapabilitas APIP.

Karena, sambungnya, target pencapaian level 3 maturitas SPIP dan kapabilitas APIP yang ditetapkan sesuai RPJMN pada tahun 2019 dimajukan dan dicapai seluruhnya pada tahun 2018 mengingat risiko pada akhir RPJMN lebih tinggi dan memasuki tahun pemilihan presiden.

“Tahun 2017, lima Inspektorat di wilayah NTB yakni Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kota Mataram, dan Kabupaten Sumbawa Barat telah meraih kapabilitas APIP Level 3. Inspektorat yang masih pada level 2 harus bekerja lebih keras mencapai target RPJMN level 3 tahun 2018 ini,” ujarnya.

Plt Sekda Kota Bima, H Syamsuddin, mengapresiasi perwakilan BPKP Provinsi NTB yang terus menerus Kota Bima dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Pelaksanaan siklus pengelolaan keuangan negara dan daerah pada seluruh tahapan proses manajemen pengelolaan keuangan negara dan daerah perlu peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang secara intensif dan optimal untuk meningkatkan kualitas transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara/daerah.

Selain itu, akan meningkatkan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintahan untuk mencapai good governance dan clean government.

Dia berharap, setelah Bimtek ini bisa menghasilkan perbaikan yang signifikan dalam usaha peningkatan kapabilitas APIP menuju level 3. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Mataram, Bimakini.- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diwakili Direktorat Koordinasi Supervisi (Korsup) Wilayah V KPK menyambangi kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, mengelarifikasi pertayaan anggota  dewan terkait kelanjutan pembangunan masjid Agung Al-Muwahidin Bima. Ditegaskannya, itu  tetap...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.- Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi tunjangan sertifikasi guru di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemnag) Kabupaten Bima, Jumat (22/2) lalu, digelar Pengadilan TIndak...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.-  Belum lama ini, sejumlah sekolah di Kabupaten Bima diperiksa dan diaudit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pemeriksaan itu  berkaitan penggunaan Bantuan Operasional...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini.com.–     Kasus dugaan korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Dompu Tahun 2011, terus diatensi oleh aparat Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Dompu. Untuk...