Pendidikan

Peserta O2SN Tingkat Kabupaten Bima Diseleksi

Seleksi peserta os2N tingkat Kabupaten Bima.

Bima, Bimakini.- Kepala Dinas Pendidian Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima melalui Kasi Keolahragaan Nurdin, SPd, MSi, membuka seleksi Olympiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat SD dan SMP Se-Kabupaten Bima tahun 2018. Kegiatan dalam rangka meningkatkan kecintaan siswa terhadap olahraga itu, sekaligus menjaring olahragawan Kabupaten Bima sejak dini.

Seleksi dipusatkan di arena pacuan kuda Panda Kecamatan Palibelo, Selasa (13/3).  Seleksi ini cukup meriah, karena dihadiri Kepala Sekolah, Pembina dan siswa-siswi pilihan dari18 kecamatan.

Nurdin, menyampaikan apresiasi atas proses seleksi tersebut. Menurutnya O2SN merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka menyalurkan bakat dan kreatifitas siswa SD dan SMP dalam bidang olahraga dan jasmani.

“Membangun daerah bukan saja melalui infrastruktur tetapi juga Sumber Daya Manusia  dan O2SN merupakan ajang yang tepat dalam membina olahraga dan jasmani siswa dalam upaya meningkatkan kwalitas SDM,” ujarnya.

Kata dia, O2SN bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap olahraga. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani siswa.

“Pembinaan siswa yang baik bukan saja membuat siswa berhasil meraih prestasi dibidang akademik tetapi juga diiringi dengan pembinaan jasmani dan rohani sehingga para siswa dapat pula meraih prestasi dibidang olahraga,” kata dia.

Untuk itu, diharapkannya dalam seleksi O2SN kali ini dapat menjaring siswa dan siswi berprestasi di bidang olahraga. Sehingga menjadi kebanggan daerah dan mampu mengharumkan Kabupaten Bima ditingkat Provinsi maupun Nasional.

Dia berpesan kepada dewan juri yang melakukan penilaian, agar objektif menilai kemampuan dan bakat para atlit. “Saya minta para juri dapat melakukan penilaian secara profesional, objektif dan bebas KKN, juri harus menilai sesuai kepatutan karena kita tidak ingin yang berbakat ditinggal yang tidak berbakat diberangkatkan ke Provinsi,” ujarnya.

Kata dia, Cabor O2SN yang diseleksi, yaitu Atletik, Pencak Silat, Karate, Bulu Tangkis dan Renang. Masing-masing cabor akan diambil dua atlet.

Siswa yang lolos seleksi tingkat Kabupaten Bima, ujarnya, akan dilatih lebih intens untuk persuapan O2SN tingkat Provinsi NTB. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 46
    Shares
To Top