Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tuntut Perbaiki Drainase, Warga Tangga Blokade Jalan

 

Suasana saaat blokade jalan.

Bima, Bimakini.- Sejumlah warga Desa Tangga Kecamatan Monga memblokade jalan lintas Tente-Parado menggunakan batu, Kamis (08/3). Mereka menuntut pemerintah memperbaiki drainase.

Sebelumnya, di Desa Tangga pernah terjadi banjir. Bencana itu terjadi disebabkan drainase di areal permukiman warga yang dangkal dan rusak.

Warga memblokade jalan di depan SMP Negeri 1 Monta sebagai protes terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima yang belum membersihkan lumpur, kerikil, dan batu dalam drainase.

Beberapa warga langsung memblokade jalan menggunakan batu, karena usulan pembersihan drainase tidak juga dikerjakan oleh Pemerintah.

“Kami minta minta pemerintah memperhatikan drainase yang menyebabkan banjir,” pinta Furkan, warga setempat di lokasi.

Setelah jalan ditutup beberapa saat, Kapolsek Monta, IPTU Edy Prayitno, tiba di lokasi dan menegosiasi dengan warga.

“Saya imbau agar jalan dibuka karena mengganggu pengguna jalan dan mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas,” pintanya kepada warga.

Dia menyarankan, agar perwakilan warga mendatangi Kantor Balai Wilayah Sungai (BSW) NTB menyampaikan langsung keluhan.

“BWS yang bertanggung jawab terkait normasilitasi sungai, saluran irigasi, dan saluran drainasi. Jangan tutup jalan seperti ini, karena akan mengganggu aktivitas warga lain,” katanya.

Camat Monta, Muhtar, SH, menjelaskan pada warga agar menyampaikan aspirasi melalui mekanisme dan prosedur dengan bersurat pada instansi terkait, dalam hal ini BWS NTB.

“Kalau caranya tepat, maka instansi berwenang bisa hadir di Desa Tangga guna meninjau langsung lokasi dan mendengar langsung keluhan masyarakat,” tuturnya.

Dia mengatakan, Bupati sudah berkoordinasi dengan BWS NTB agar sungai dan drainase di Desa Tangga dinormalisasi agar tidak terjadi banjir. “Saya akan jalan bersama masyarakat, jika tuntutan disampaikan dengan cara yang benar,” katanya.

Pantauan wartawan, usai diimbau Kapolsek dan Camat, warga membuka kembali jalan. Beberapa perwakilan warga menggelar pertemuam dengan Camat, Kapolsek, Kepala Desa terkait rencana pembersihan drainase. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Karena aksi blokade jalan,  Selasa, 14 November 2023, sekitar pukul 14:30 Wita, lima warga diamankan aparat. Tim PUMA I Polres Bima...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bima akhirnya melimpahkan tahap II berkas tersangka dan barang bukti lima belas orang tersangka kasus blokade jalan di...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sekelompok warga atau pendukung Ardiansyah, ST Calon Kades Nomor Urut 5 Desa Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima NTB memblokade jalan lintas Bima...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Kapolres Dompu mengaku akan menindak tegas para demonstran, pelaku dan provokator yang kerap melakukan aksi blokade jalan negara saat menyampaikan pendapat...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Kepolisian Resor Bima, kini memindahkan sebanyak 10 orang anggota massa aksi dari Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Monta Selatan Menggugat atau AMANAT, ke Mapolda...