Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Wali Kota Buka Musrembang RKPD Tahun 2019

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H M Qurais, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kota Bima penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 di Paruga Nae Convention Hall, Rabu (21/3).

Kegiatan yang bertema ‘Memantapkan Pembangunan Berkelanjutan untuk Mendukung Kualitas Kehidupan Sosial Ekonomi Secara Serasi, Seimbang, dan Lestari’ itu dihadiri Kepala Bappeda Litbang Provinsi NTB, Ir Ridwansyah, MSc, MM, MTP, pimpinan DPRD Kota Bima, Plt Sekretaris Daerah Kota Bima, Dr Ir Syamsudin, MSc, staf ahli Wali Kota, Asisten Setda, pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah se-Kota Bima, pimpinan instansi vertikal, perwakilan lembaga perbankan, BUMN/BUMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, unsur Perguruan Tinggi dan insan pers.

Kegiatan Musrembang dilaksanakan selama dua hari hingga 22 Maret 2018 dan diikuti 250 peserta dari stakeholder pembangunan Kota Bima dengan agenda kegiatan mencakup rapat pleno, diskusi klinis dan diakhiri penyepakatan hasil Musrembang dituangkan dalam berita acara kesepakatan hasil Musrembang Kota Bima tahun 2018.

Plt Kepala Bappeda Kota Bima, Ir H Tafsir, menjelaskan tujuan Musrembang menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas, dan sasaran pembangunan Provinsi dan Nasional serta usulan program dan kegiatan Musrembang kecamatan dan kelurahan.

Selain itu, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan dari masyarakat pada Musrembang kecamatan dan kelurahan dan mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan daerah serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan.

“Tahun 2018 adalah tahun pertama penerapan Simda Perencanaan (e-planning) yaitu sistem informasi perencanaan untuk menyusun rencana kerja pemerintah daerah agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat dan tepat, setelah tahun sebelumnya telah berhasil mengembangkan Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi perencanaan pembangunan daerah (Simone),” jelasnya.

Tahun ini, sambungnya, sedang dilakukan penilaian anugerah Pangripta Nusantara yaitu penghargaan pada Bidang Perencanaan Pembangunan.

“Semoga Kota Bima akan mampu mempertahankan predikat terbaik seperti yang sudah dicapai tahun lalu yaitu, mendapat juara pertama di tingkat NTB,” tuturnya.

Kepala Bappeda Litbang Provinsi NTB, Ir Ridwansyah, MSc, MM, MTP, mengajak terus memperbaiki kualitas perencanaan pembangunan mensinergikan, dan menyelaraskan antara prioritas pembangunan nasional, provinsi dan daerah.

Dikatakannya, Musrembang tahun ini menjadi penting untuk meletakkan dasar RPJMD Kota Bima lima tahun ke depan.

“Forum ini menjadi penting bagi kita untuk mendiskusikan isu strategis dan hal yang mendasari penyusunan program rencana kerja untuk RPJMD 2019-2023,” ucapnya.

Wali Kota Bima, H M Qurais, dalam sambutannya, menyampaikan forum  Musrenbang ini harus menjadi momentum menjamin kesinambungan pelaksanaan program pembangunan Kota Bima sesuai dengan arah pembangunan dan visi jangka panjang Kota Bima, yaitu terwujudnya masyarakat Kota Bima yang sejahtera, maju dan mandiri. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  612 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023, menerima SK, Selasa 2 April 2024. Mereka juga dilantik dan diambil sumpahnya...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima menyerahkan bantuan mobil sampah sebagai bagian dari upaya peningkatan pengelolaan sampah di Kota Bima, Kamis (15/2/2024). Dua kendaraan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pj. Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) untuk mengantisipasi potensi luapan banjir di DAS Padolo, Senin 12...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pj Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, M.T, mengajak seluruh ASN untuk menjadi garda terdepan dalam memberikan edukasi dan sosialisasi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota Bima menerima Penghargaan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik terhadap Pemerintah Kota Bima Tahun 2023 oleh Ombudsman Republik Indonesia...