Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Zainudin: Kami Buat KTP Berdasar Sistem

Kadisdukcapil Kabupaten Bima Zunaidin

Bima, Bimakini.- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disudkcapil) Kabupaten Bima, Zainudin menegaskan, pembuatan KTP elektronik warga berdasar sistem dari Pemerintah Pusat.

“Pembuatan KTP elektronik tidak segampang membalikkan telapak tangan. Kita bekerja berdasar sistem, masyarakat harus memahami,” ucapnya dikonfirmasi di Kantor Kecamatan Bolo, Rabu (28/3).

Hal itu disampaikan Zainudin menanggapi sorotan warga Desa Woro Kecamatan Madapanggan terkait lambannya proses pembuatan Aministrasi Kependudukan (Adminduk), seperti KTP elektronik.

Dia mengatakan, khusus pembuatan KTP elektronik, tidak bisa ditentukan waktu, hal itu berdasar mekanisme. “Kalau seseorang sudah direkam dan datanya lengkap serta disetujui pemerintah pusat, secara langsung akan muncul di server kemudian dicetak,” jelasnya.

Pihaknya tidak memiliki niat mengabaikan hak warga. Namun, ada prosedur yang harus dilalui, sehingga tidak ada alasan untuk tidak dicetak dokumen warga.

Dijelaskannya, pembuatan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) bisa dikerjakan dalam waktu seketika. Sedang, pembuatan KTP elektronik tidak bisa dikerjakan seketika, karena butuh proses.

“Saya sarankan untuk warga Desa Woro, datang saja ke kantor menanyakan legalitas dokumennya, karena setiap hari ada yang dicetak,” sarannya.

Dia imbau, warga harus bersabar menunggu proses cetak, karena proses foto tunggal di pusat butuh waktu agar tidak membuat KTP ganda.

“Terkait pembuatan KTP, hanya miskomunikasi saja. Sebaiknya warga datangi petugas di kantor, jangan hanya menunggu di rumah,” tukasnya. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima memilih Kecamatan Bolo sebagai salah satu Kecamatan Tertib Administrasi dan Kependudukan (Admindu). Bolo sekaligus...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan KOMPAK menggelar workshop implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Adminostrasi Kependudukan (Adminduk). Kegiatan tersebut, berlangsung dua...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, Drs Zunaiddin, MM, akan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) di kecamatan dalam waktu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima merujuk   data Pemilihan Umum (Pemilu) 2013 ke data Pemilu 2018, jumlah...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Dukcapil, Senin (04/09/2017), akan  menerapkan terobosan baru. Dinas itu akan  melayani masyarakat dalam pembuatan Akta Kelahiran, Kartu...