Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

DPT Pemilihan Wali Kota Bima 101.422 Pemilih

Bukhari, SSos

Kota Bima, Bimakini.- Setelah melalui pembahasan yang a lot, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bima sebanyak 101.422 pemilih. Penetapan itu dalam rapat pleno, Kamis (19/4) malam hingga Jumat dini hari, di Gedung Muhammadiyah Bima.

Dari jumat DPT itu pemilih laki-laki sebanyak 49.281 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 52.141 pemilih.

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari, SSos menjelaskan, angka 101.422 tersebar di lima kecamatan yang ada di Kota Bima. Untuk Kecamatan Asakota sebanyak 21.676 pemilih, Kecamatan Rasanae Barat sebanyak 20.278 pemilih dan Kecamatan Mpunda sebanyak 20.826 pemilih.

“Di Kecamatan Raba jumlah pemilih sebanyak 26.019 pemilih dan Kecamatan Rasanae Timur sebanyak 12.623 pemilih,” jelasnya.

Lanjut Bukhari, sebelum penetapan DPT, KPU Kota Bima mengumumkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kota Bima sebanyak 102.127 pemilih. Kemudian dilakukan perbaikan dan jumlah DPS hasil perbaikan sebanyak 101.373 pemilih.

Sementara jumlah TPS di Kota Bima sebanyak 249 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di Kecamatan Asakota sebanyak 54 TPS, Kecamatan Rasanae Barat sebanyak 51 TPS dan di Kecamatan Mpunda sebanyak 52 TPS. Di Kecamatan Raba dan Kecamatan Rasanae Timur masing-masing, 59 dan 33 TPS.  “Alhamdulillah pleno selesai dan tuntas,” pungkasnya.

Pantauan BimaEkspres di lokasi pleno,  Kamis malam, alotnya pembahasan pada pemilih yang tidak memiliki identitas kependudukan. Satu per satu nama tersebut dicek dan ada juga yang dikonfirmasi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Seperti salah satu warga Jatibaru yang tidak memiliki identitas kependudukan. Saat petugas ke rumahnya, tidak dijumpai. Namun dicatatkan namanya, hanya saja belum bertemu untuk mengetahui identitas kependudukannya.

Bahkan PPS yang hadir saat pleno berupaya untuk menghubungi, memastikan bahwa identitasnya ada. Jika tidak, maka akan dicoret sebagai pemilih. Mengingat sistem pemilu saat ini berbeda dengan sebelumnya.

Selain itu, diperoleh juga data pemilih untuk di Rumah Tahanan Raba Bima. Berdasarkan hasil pendataan jumlah warga binaan Rutan 247 orang.  (IAN)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Kamis (4/8/2022) menghadiri kegiatan Sosialisasi Program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan, yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan...

Berita

Kota Bima, Bimakini.- Sejumlah Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2024 mengikuti kegiatan Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Tahapan dan Jadwal...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Sabtu (30/7/2022) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Internal Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Tahapan dan Jadwal...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Senin (27/6/2022) melaksanakan Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan (Rakor DPB) Tri Wulan kedua Tahun 2022. Rakor...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Rabu (22/6/2022) melaksanakan kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi...