Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Saluran Irigasi Putus, Petani Harap Pemerintah Peduli

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Monggo Kecamatan Madapangga bersama warga setempat, Ahad (15/4), gotong royong perbaiki saluran irigasi menggunakan drum menyusul perhatian pemerintah yang dinanti-nanti tidak kunjung terealisasi.

“Saluran irigasi sudah terputus karena banjir bandang beberapa waktu lalu. Supaya lahan dialiri air, kita gunakan drum sebagai alternatif,” kata Kepala Desa Monggo, Mayor Abdul Majid.

Upaya warga itu tergolong berhasil, karena telah memapu mengairi lahan pertanian warga untuk bercocok tanam pada musim kemarau ini.

Dam Sa Keto La Bangke untuk mengairi lahan selaus 953 hektar. Selama saluran irigasi itu putus, debit air di Dam Saketo La Bangke tidak pernah mengairi lahan pertanian.

Dia mengatakan, Dam itu rusak diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu. “Saya pernah mendatangi Dinas PUPR NTB, tetapi usaha meminta anggaran perbaikan Dam nihil,” tuturnya.

Pihaknya berharap pemerintah mau memperbaiki saluran irigasi itu. “Kita tidak memiliki harapan lain, selain turun tangan pemerintah untuk membantu perbaiki,” harapnya.

Salah satu petani, Muhsin, membenarkan telah bergotong royong memperbaiki saluran irigasi Dam Saketo La Bangke yang rusak menggunakan drum.

Mewakili petani yang lain, dia meminta perhatian Pemerintah Kabupaten Bima melalui dinas terkait turun ke lokasi mencarikan solusi. “Kita harap pemerintah peduli dengan petani, shingga hasil pertanian melimpah,” harapnya. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) Tbk Cabang Bima yang berlokasi di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) didemo...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pekerjaan proyek rehabilitasi irigasi Bontokape di Desa Timu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB disorot. Pasalnya, proyek dengan anggaran senilai Rp 3,4 Miliar dari...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hujan deras yang terjadi, Senin (14/12), sekitar pukul 14. 20 Wita di wilayah Kecamatan Madapangga memgakibatkan terjadinya banjir. Akibatnya, ratusan rumah warga...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah warga Desa Monggo yang merasa tak diberdayakan oleh pihak pemenang tender pelaksanaan pembangunan PT CPI berlokasi di Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pemerintah Desa (Pemdes) Monggo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp 201 juta. Total...