Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

UNBK MAN 1 Kota Bima Lancar

Suasana siswa MAN 1 KOta Bima saat UNBK.

Kota Bima, Bimakini.- Pelaksanaan  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  di Marasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bima selama empat hari berjalan lancar. Meskipun ada beberapa kendala teknis yang dihadapi.

Ketua Panita UNBK MAN 1 Kota Bima, Anang, SPd mengatakan,  ujian berlangsung mulai Senin (12/4) hingga Kamis (12/4). Kendala teknis itu seperti terganggunya  jaringan atau komputer yang  lamban.

“Tidak semua komputer atau laptop yang terganggu  jaringannya, hanya satu dua dan itu bisa diatasi,” ujarnya pada BimaEkspres, Kamis.

Jumlah yang mengikuti UNBK, kata dia, 277 siswa dan dibagi tiga sesi setiap harinya. Mata pelajaran yang diujikan, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Mata Pelajaran Jurusan.

“Di MAN 1 Kota Bima, jurusnanya IPA, IPS, Agama, dan Bahasa. Masing-masing jurusan ada tiga mata pelajaran pilihan, siswa boleh pilih salah satu,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dijelaskannya, MAN 1 yang pertama menyelenggarakan UNBK di Kota Bima, baik MA/SMA. Ini menjadi tahun ketiga pelaksnaan system UNBK.

Kenapa UNBK? Kata Anang, lebih efektifitas, efisiensi dan tingkat kejujuran tinggi. Meskipun diawal tidak mudah melaksanakannya, termasuk masalah sarana penunjang seperti komputer dan laptop. “Kami bersyukur bisa melaksanakan UNBK pertama,” ungkapnya.

Dia  optimis pelaksanaan UNBK di MAN 1 akan maksimal. Karena berbagai persiapan sudah dilakukan sebelumnya, mulai sosialisasi ke wali murid, simulasi, hingga  deseminasi atau gladi resik.

Harapannya, kedepan stakeholder pemerintah terus mendukung kegiatan UNBK dan pemenuhan sarana dan prasarana. Karena memiliki integritas yang sangat tinggi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pihaknya juga membuka ruang bagi siapapun untuk ikut mendukung dan peduli dengan pendidikan. Dukungan itu tidak mesti sarana dan prasarana, namun pengembangan ujian atau mutu.

“Media juga bisa berperan bagaimana menjelaskan tentang bagaimana pemntingnya UNBK, karena memiliki integeritas yang tinggi,” ujarnya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Gerakan Aliansi Alumni MAN 1 Kota Bima, yang studi di Makassar, Mataram, Jogja, Bima,  dan Malang  menyalurkan paket sembako dan uang Rp...

Pendidikan

Bima, Bimakini.-  Bagi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Raba Kecamatan Wawo, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan pengalaman pertama dan jajaran guru dan Kepala Madrasah,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs Dahlan H M Noer memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP di Kecamatan Bolo dan Madapangga,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kepala UPTD Dikbudpora Bolo, H Ahmad, SH, MSi memantau persiapan pelaksanaan UNBK dan UNKP tingkat SMP atau sedejarat di Kecamatan Bolo,  Ahad...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bima dengan Akreditasi A memiliki sejumlah prestasi. Tidak hanya itu, sekolah ini sudah akrab dengan...