Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB: Siap Kerja, Lulusan SMK NTB Kian Berkualitas

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi, menilai siswa siswi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah sangat membanggakan. Karena telah dibekali ilmu terapan dan keterampilan. Rata-rata mereka disebut sudah siap kerja dan berkualitas.

“Berbicara tentang kualitas,  lulusan SMK di Indonesia juga sudah memiliki kualitas yang tidak kalah dengan negara lain. Terlebih saat ini di era revolusi industri 4,0, kita dituntut harus siap menghadapi segala bentuk perbahan yang ada,” ungkap Gubernur saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dirangkaiakan dengan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Nasional di Lombok City Center (LCC), Provinsi NTB, Senin (7/5/2018).

 

Seperti yang berulang kali diungkap Gubernur Tuan Guru Bajang (TGB) pada berbagai kesempatan saat menghadiri  undangan dan sebagai pembicara pada kuliah umum di berbagai daerah, termasuk juga ketika berinteraksi langsung dengan anak sekolah di dalam maupun luar NTB, Gubernur kembali menekankan pentingnya menanamkan rasa optimisme dalam belajar dan berkarya.

Dihadapan Menteri Pendidikan RI, Muhadjir Effendi, TGB juga berharap pemerataan akses pendidikan di tengah program prioritas yang ada. “Bagi anak-anak kami, pemerataan itu segalanya. Bagaimana caranya agar mereka bisa tetap tetap belajar dimanapun, dengan biaya yang murah namun kualitas pendidikan yang baik,” katanya.

Kepada 3.500 peserta dan undangan yang terdiri dari siswa siswi SMK se Indonesia itu, Gubernur juga menuturkan, di tengah giat Provinsi NTB membangun sektor pariwisata, sebagai salah satu dari dua sektor unggulan, kehadiran lulusan SMK diakuinya sangat membantu. “Banyak ruang kerja yang tercipta dalam kantong industri pariwisata yang membutuhkan tenaga kerja, dan itu banyak terpenuhi dari SDM lulusan SMK. Baik itu sektor perhotelan, restoran dan maupun sektor pendukung pariwisata yang lain,” paparnya.

“Bahkan, sejak sepuluh tahun dari diluncurkan pada tahun 2008 lalu, salah satu program kami, yakni 100.000 wirausaha baru, menunjukkan bahwa sekitar 18-20 persen dari ruang wirausaha baru yang terbangun, enterpreunernya adalah mereka siswa siswi lulusan SMK, yang punya semangat wirausaha yang kuat,” lanjutnya.

Untuk itu, dipilihnya Provinsi NTB sebagai lokasi LKS tingkat Nasional tahun ini diakuinya kian menambah motivasi seluruh insan pendidikan di NTB. “Ini karena kami sedang giat berpacu dan berusaha melakukan lakukan percepatan dalam seluruh sektor pembangunan, khususnya pendidikan. Alhamdulillah, tahun kemarin NTB termasuk provinvi top mover dalam peningkatan IPM yang salah satu indikator yang menyebabkan NTB termasuk daerah dengan percepatan terbaik untuk IPM adalah indeks pendidikan kami. Maka, kegiatan ini menjadi tambahan semangat bagi seluruh insan pendidikan di daerah kami”, jelas TGB.

Sesaat sebelum secara resmi membuka kegiatan Lomba Kompetensi Siswa SMK tingkat Nasional, Mendikbud RI Muhadjir Effendi dalam arahan singkatnya memaparkan hal senada dengan yang disampaikan Gubernur TGB. Era revolusi industri, jelasnya ditandai dengan penggunaan secara masif teknologi digital dan semakin strategisnya peranan logaritma, termasuk artficial intelegent. Namun bagaimana cerdasnya artficial intelegent, tetap saja tidak akan mampu menggantikan peran manusia.

Kegiatan LKS tingkat nasional tahun ini digelar 7-11 Mei 2018. Dalam acara ini juga diserahkan penghargaan kepada pemenang I Olimpiade Guru Nasional Pendidikan Dasar tahun 2018 dan pemenang Uji Sertifikasi Kompetensi.

Dilaporkan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemndikbud RI, Hamid Muhammad PhD, kegiatan ini digelar untuk mempromosikan kompetensi siswa SMK se Indonesia agar masyarakat bisa menyaksikan kinerja perkembangan edukasi khususnya SMK di indonesia. Masyarakat juga dapat menyaksikan langsung hasil karya siswa SMK pada stand-stand pameran yang digelar di Halaman dalam dan luar Lombok City Center. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...