Ekonomi

Harga Bibit Bawang Merah Merangkak Naik

Penjual bibit bawang.

Bima, Bimakini.- Seiring petani mulai menanam bawang merah pada musim kering ini, harga bibit mulai dirasakan merangkak naik. Harga bibit lama hingga menyentuh angka Rp2,4 juta per kuintal.

Petani bawang merah asal Desa Donggobolo, Ruslan, mengatakan harga jual bawang merah baru dipanen hanya Rp1,7 juta, meski kualitas super.

Namun, harga jual itu tidak sebanding dengan harga pembelian bibit bawang lama dengan harga mencapai Rp2,4 juta per kuintal.

“Bawang merah yang baru dipanen kurang berkualitas dijadikan sebagai bibit, sehingga harus mengganti dengan bibit yang lama dengan harga 2 juta 400 ribu,” tuturnya.

Penjual bibit bawang lama asal Desa Kalampa, Sahbuddin, mengatakan harga bibit bawang lama ada kemungkinan akan naik dari harga sekarang Rp2,4 juta per kuintal.

“Bergantung minat petani. Kalau minat petani banyak memilih bibit lama, harga bisa lebih dari sekarang karena stoknya sedikit,” terangnya.

Dia mengatakan, harga bibit lama akan terus naik seiring musim tanam, apalagi adanya petani baru yang mencoba bertani bawang karena tergiur keuntungan.

“Petani bawang banyak bertambah. Ini juga dapat mempengaruhi meningkatkan harga bibit bawang merah,” imbuhnya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 54
    Shares
To Top