Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bima, Dimulai

Ketua TP PKK, Hj Yani Marlina saat menghadiri penilaian lomba kelurahan di Melayu, Rabu.

Kota Bima, Bimakini.- Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bima, mulai digelar Rabu (23/5) .  Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota yang pertama didatangi tim penilai lomba. Hadir Ketua TP PKK,  Hj Yani Marlina.

Ketua Panitia yang juga Kepala Bagian AP Setda Kota Bima, H Fahruddin SSos menyampaikan, lomba kelurahan ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur dan menilai, sejauh mana kemampuan dan perkembangan setiap kelurahan. Tentang pelaksanaan dan program-program pembangunan pemerintah maupun masyarakat pada kurun waktu dua tahun sebelumnya,” ujarnya.

Mantan Camat Rasanae Timur itu menjelaskan, dalam proses pelaksanaan lomba, ada beberapa item penilaian. Meliputi tiga kelompok indikator utama, yaitu bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Bagi kelurahan yang akan mendapatkan nilai tertinggi dari tiga indikator tersebut berdasarkan penilian panitia tim lomba. Maka berhak mewakili Kota Bima, untuk Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi NTB yang direncanakan di gelar Juni mendatang,” katanya.

Mantan Kabag Kesra itu kembali menjelaskan, untuk lomba kelurahan tahun 2018 juga dilaksanakan secara terintegrasi dengan lomba Posyandu dan P2WKSS. Tujuannya adalah untuk efektif dan efisiennya pelaksanaan lomba baik di tingkat kelurahan, maupun tingkat Kecamatan dan Kota Bima.

“Atas nama jajaran pemerintah Kota Bima dan panitia lomba, siap bekerja profesional dalam penyelenggaraan lomba tersebut. Sehingga apa yang menjadi hasil akhir, merupakan penilaian yang akuntabilitas,” tandasnya.

Sementara itu Lurah Melayu, Kamrin yang turut didampingi Kasi Pembangunan Abdul Haris mengaku optimis kelurahannya bisa meraih hasil yang baik. Karena berbagai kesiapan telah dilakukan sejak lama.

“Alhamdulillah berbagai persiapan telah kami lakukan, mulai dari persiapan administrasi dan fisik sudah telah disiapkan. Diantaranya profil kelurahan, PKK, kebersihan, sosial budaya, ekonomi dan keamanan,” tambahnya. (DED)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memudahkan penyediaan data batas kelurahan pada tiga  Kecamatan di Kota Bima, Bagian Administrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima bersama Badan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memperjelas dan memudahkan penyediaan data batas-batas antara kelurahan di Kota Bima, Bagian Administrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima menggelar rapat...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Setelah melalui tahap penilaian dari tim juri di tingkat Provinsi NTB, akhir diputuskan tiga pemenang lomba kelurahan dan desa terintegrasi. Kelurahan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Provinsi NTB di Kelurahan Rite Kota Bima, Jum’at (22/6) pagi disambut meriah warga. Begitu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali (Wawali) Kota Bima, Feri Sofiyan, SH menyambut kedatangan rombongan  tim penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Provinsi NTB Tahun 2019...