Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Mahasiswa Bisa Inisiasi Debat Paslon di Kampus

Muhaemin, SPdI

Kota Bima, Bimakini.- Mahasiswa bisa menginisiasi untuk melaksanakan Debat Pasangan Calon (Paslon) Wali/Wakil Wali Kota Bima di kampus. Apalagi, kampus menjadi salah satu elemen yang bisa menjaring pemimpin berkualitas dan berintegritas.

Hal itu disampaikan Komisioner Panwaslu Kota Bima, Muhaemin, SPdI saat Sosialisai Pengawasan Partisipatif Bersama BEM se – Kota Bima, pada Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota serta Pemilihan Presiden 2019, di aula Hotel Camelia, Selasa (1/5).

Selain itu, Muhaemin mengajak mahasiswa untuk bersinergi dalam pengawasan Pemilu partisipatif. “Silahkan, BEM se Kota Bima untuk merumuskan konsep kerjasama yang harus dibangun dengan penyelenggara. Kami Panwaslu siap,” ujarnya.

Pengamat Politik STISIP Mbojo Bima, Dr Syarif Ahmad, MSi mendukung, jika mahasiswa dapat menginisiasi debat tersebut.  Itu sebagai salah satu bentuk kontribusi mahasiswa dalam peningkatan kualitas demokrasi dan menjaring pemimpin berkualitas.

Selain itu, kata Syarif, mahasiswa juga harus mampu merumuskan metode kerjasama yang dibangun bersama penyelenggara Pemilu. “Harus ada kesepakatan dulu dengan penyelenggara, bagaimana model kerjasamanya,” terangnya.

Bentuk partisipasi lain yang dapat dilakukan mahasiswa, kata dia, menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu.

Sementara itu, dalam sosialisasi tersebut, BEM menginginkan agar dapat diundang menghadiri debat yang dilaksanakan oleh KPU. Karena  mahasiswa bisa menjadi penyampai pesan tantang sosok pemimpin yang berkualitas dan berintegritas.

Saat itu, mahasiwa juga memertanyakan tentang bagaimana rekruitmen KPPS. Pasalnya, jika dilihat kegiatan kampanye Paslon dengan pengukuhan tim per kelurahan, semua warga sudah masuk.

Asumsinya, jika satu kelurahan memiliki 2.000 pemilih, sementara semua Paslon mengukuhkan lebih dari itu. Maka dapat dipastikan, semua warga sudah menentukan keberpihakannya.

Panwaslu menjelaskan, seseorang dapat dikatakan masuk dalam tim, jika ada bukti secara administrative. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Dompu, Bimakini. – Pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020 tinggal menghitung hari. Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs...

Politik

Dompu, Bimakini.- Karena adanya kekurangan pada Debat Publik Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu di Gedung Sama Kai beberapa waktu lalu, KPU berencana...

Politik

Dompu, Bimakini. – Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat SH, SIK., menjamin keamanan pelaksanaan debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020. Selain...

Politik

Dompu,- Bimakini. – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Dompu tahun 2020 dilaksanakan ditengah Pendemi Covid-19. Jelang pelaksanaan tahapan debat publik pertama calon Bupati dan...

Politik

Dompu, Bimakini. – KPU Dompu akan melaksanakan debat terbuka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu pada tanggal 4 November 2020 dengan tema reformasi...