Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Sosialisasi di SMAN 4, Puluhan Siswa Belum Miliki KTP-E

Siswa SMAN 4 Kota Bima, saat mengikuti Sosialisasi Pemilih Partisipatif, Sabtu lalu.

Kota Bima, Bimakini.- Puluhan siswa di SMAN 4 Kota Bima yang sudah berusia 17 tahun, rupanya belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Hal itu dikethaui saat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di aula SMAN 4, Sabtu (28/4).

Saat itu, Komsioner Panwaslu Kota Bima, Muhaemin, SPdI meminta siswa untuk mengacungkan tangan bagi yang belum memiliki KTP-E atau belum melakukan perekaman. Dari 50 peserta yang mengikuti kegiatan itu, lebih 20 mengaku belum memiliki KTP-E atau perekaman.

Padahal, kata Muhaemin, syarat untuk  dapat memberikan hak suara pada Pemilihan Wali/Wakil Wali Kota Bima 27 Juni 2018, tidak hanya terdata dalam DPT. Namun juga harus menunjukkan kartu identitas, yakni KTP atau minimal SUrat Keterangan (Suket) dari Dinas Dukcapil.

“Ini bisa menjadi persoalan, ketika banyak pemilih Pemula belum memiliki identitas atau perekaman KTP Elektronik,” ujarnya di SMAN 4 Kota Bima, Sabtu.

Diharapkannya, hal ini dapat menjadi atensi, jangan sampai banyak yang tidak menggunakan hak suara, karena belum memiliki identitas. Apalagi bagi yang baru berusia 17, menjadi kesempatan pertama untuk menggunakan hak pilih secara konstitusiaonal.

Pada kesempatan itu, Muhaemin juga mengajak siswa untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan  Pemilu. Jika terjadi pelanggaran kampanye, maka dapat melaporkannya.

Dicontohkannya, jika ada politik uang dilakukan oleh calon atau tim, maka dapat melaporkannya. “Tolak uangnya dan jangan pilih orangnya,” ajaknya.

Pada kegiatan itu, siswa SMAN 4 Kota Bima, juga mendeklarasikan Anti Hoax, Tolak Ujaran Kebencian, Tolak Politisasi SARA. Selama berlangsungnya sosialisasi, siswa terlihat aktif bertanya tentang pengawasan Pemilu.

Hadir juga Wakasek SMAN 4 Kota Bima, Drs Landa. Saat itu ikut mengajak siswa untuk dapat memahami perbedaan pilihan. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Jum’at (12/5/2023) menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk Pemilu 2024 sebanyak 112.543 pemilih....

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar rapat konsolidasi dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK) terkait Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), Kamis...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima hingga saat ini masih melakukan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih, untuk penyelenggaraan Pemilu...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- 400 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kota Bima, Minggu (12/2/2023) dilantik. Secara serentak pelantikan Pantarlih tersebut dilakukan oleh Ketua...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Senin (27/6/2022) melaksanakan Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan (Rakor DPB) Tri Wulan kedua Tahun 2022. Rakor...