Pendidikan

48 Siswa Angkatan VI SDIT Insan Kamil, Diwisuda

Kepala SDIT Insan Kamil Erni Juhaenah SP saat melantik wisudawan dan wisudawati SDIT Insan Kamil Angkatan VI Tahun Ajaran 2017/2018, Selasa (5/6).

Kota Bima, Bimakini.- Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) SDIT Insan Kamil Santi Kota Bima mewisuda 48 siswa-siswi angkatan VI tahun 2017/2018. Wisuda yang di Paruga Nae Convention Hall Kota Bima, Selasa (5/6/2018) ini dihadiri Staf Ahli Bidang Kesejahteraan dan Kemasyarakatan Ir Darwis H Yusuf, Kepala Dinas Dikbud Drs H Alwi Yasin MAP, Kepala TKIT Insan Kamil Asmarini SPdI, Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima.
Selain itu hadir pula Kepala UPTD Dikbud Mpunda, Kepala SD se Kecamatan Mpunda, Dewan Pengawas UPTD Dikbud Mpunda, Pimpinan BNI Syariah KCP Bima, PT PLN Area Sumbawa, orang tua wisudawan dan orang tua siswa SDIT Insan Kamil Kota Bima dan sejumlah undangan lainnya.

Kepala SDIT Insan Kamil Erni Juhaenah SP mengatakan, diusianya yang sudah 15 tahun, SDIT Insan Kamil telah banyak meluluskan siswa-siswinya. Pada wisuda ini sebanyak 48 siswa kembali diwisuda.

Dijelaskan Erni, pada angkatan pertama jumlah siswa SDIT Insan Kamil sebanyak 20 orang. Namun saat ini hingga angkatan keenam jumlah siswa SDIT Insan Kamil sebanyak 312.

“Alhamdulillah jumlah siswa mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini karena kepercayaan masyarakat yang sudah semakin baik kepada yayasan Ta’awun dan SDIT Insan Kamil,” ungkap Erni.

Mengingat SDIT Insan Kamil memadukan kurikulum pendidikan umum dengan pendidikan agama. Hal itu dilakukan untuk menghadapi krisis multi dimensi yang dihadapi bangsa Indonesia.

Selain itu mengkolaborasi dan membangun sinergitas serta kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua juga pemerintah dengan kebijakan sistem yang baik.

“Ini sesuai dengan tema yang diusung yakni sinergi sekolah dan keluarga agar menyiapkan anak tangguh di zamannya,” ujar wanita berhijab ini.

Ditambahkan kepala sekolah, tujuan pendidikan bukan untuk mendapatkan nilai, tetapi bagaimana membentuk akhlak mulia pada anak didik. Menyiapkan mereka menjadi pemimpin yang kuat. Sehingga pada masanya nanti anak-anak kita akan mengambil alih tonggak kepemimpinan di tangan para pemimpin saat ini.

“Kita tidak hanya mendidik untuk mencerdaskan akalnya tetapi juga akhlaknya. Sehingga mampu memegang amanah yang akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah kelak,” ingat Erni.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs H Alwi Yasin menyampaikan selamat kepada para siswa dan orang tua karena telah berhasil pada satu tahapan jenjang pendidikan sekolah dasar.

Dirinya juga mengapresiasi kepada SDIT Insan Kamil yang telah melaksanakan Full Day School atau sekolah 5 hari.

“Hanya ada 2 sekolah yang telah menerapkannya yakni SDN 10 Kota Bima dan SDIT Insan Kamil,” katanya.

Pada tahun ajaran baru 2018, pihaknya akan menerapkan full day school. Sekitar 90 persen sekolah di Kota Bima akan melaksanakan 5 hari sekolah.

“Kenapa 5 hari sekolah, karena pendidikan itu adalah urusan semua orang. Jadi mustahil pendidikan itu hanya urusan beberapa orang saja, atau pemerintah saja, atau bahkan hanya pihak sekolah saja. Pendidikan itu menjadi tanggung jawab bersama,” terang Alwi.

Sementara Walikota Bima melalui Staf Ahli Bidang Kesejahteraan dan Kemasyarakatan Ir Darwis H Yusuf menyampaikan dukungannya kepada sekolah, orang tua juga siswa-siswi yang diwisuda dalam membangun bangsa, negara dan daerah.

Dirinya mengingatkan agar anak-anak tetap menjaga marwah sopan santun, akhlak dan selalu menghormati dan menghargai orangtua dan guru.

“Keberhasilan yang diraih itu tidak datang sendiri tetapi itu ada campur tangan orangtua dan guru,” kata Darwis yang sekaligus membuka acara wisuda.

Pada wisuda angkatan VI tersebut dimeriahkan dengan berbagai penampilan siswa dan siswi SDIT Insan Kamil seperti tarian, salawat rindu Rasulullah, atraksi beberapa UKS, gerak dan lagu, drama dan sejumlah penampilan lainnya yang memukau dan mengundang decak kagum orang tua dan tamu undangan.

Berbagai penghargaanpun diberikan pada acara wisuda tersebut diantaranya kepada Pemerintah Kota Bima, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pengawas Pendidikan dan Dewan Pendidikan.

Selain itu diberikan juga penghargaan kepada 10 besar uji publik juz 20 dan 10 besar USBN dan ujian sekolah.

Kepala sekolah pun menerima bantuan CSR dari PT PLN Cabang Sumbawa senilai Rp 20 Juta untuk pembangunan Mesjid SDIT Insan Kamil.

Acara wisuda SDIT Insan Kamil tersebut diakhiri dengan foto bersama wisudawan, orang tua dan dewan guru. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 38
    Shares
To Top