Connect with us

Ketik yang Anda cari

Jalan-jalan

Air Terjun Oi Marai Tambora jadi Objek Wisata Pilihan Masyarakat

Bima, Bimakini.- Air Terjun Oi Marai, Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, kini mulai mengundang perhatian masyarakat sekitar. Bahkan ada dari luar Tambora yang datang berwisata setelah  lebaran.

Ketua Komunitas Pecinta Alam (KPA) Anak Lereng Gunung Tambora (Algura) Kabupaten Bima, Iwan Saputra mengaku, selama libur lebaran 1439 H/2018 ini, banyak menerima pengunjung objek wisata air terjun Oi Marai Desa Kawinda Toi.

“Selama libur lebaran banyak sekali masyarakat yang datang memikmati suasana tempat wisata air terjun Oi Marai ini,”  ujarnya, Kamis (21/6).

Kata dia, KPA Algura merupakan perkumpulan pemuda dan masyarakat yang mendapat rekomendasi dari Desa dan petugas Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) untuk mengelola bersama objek wisata tersebut.

“Kami memiliki inisiatif untuk mengambil retribusi dari pengunjung, kami menjual karcia di pintu masuk TNGT, setiap pengunjung dikenakan tarif 10 ribu bagi dewasa dan 5 ribu untuk anak-anak,” ungkapnya.

Kata dia, wisata air terjun Oi Marai mulai diminati masyarakat sekitar Desa Kawinda Toi sepekan sebelum lebaran. Masyarakat datang menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga dan kerabat.

“Selain masyarakat Tambora dan Sanggar, kami juga menanyakan asal mereka, ternyata mereka ada yang dari Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima dan Kota Bima,”  ujarnya.

Sementara itu, Camat Tambora, Drs Isyrah mengaku air terjun Oi Marai sudah mulai dilirik oleh penggiat wisata. Terbukti selama ini banyak sekali pengunjung dari induk Kabupaten Bima datang hanya menikmati air terjun.

“Saya banyak terima telepon dari teman dan keluarga yang dari Bima selama liburan, mereka menghubungi saya kalau mereka sedang di air terjun,” ujarnya.

Dia berterima kasih pada masyarakat Tambora yang telah memberikan keamanan dan kenyamatan pengunjung terutama di Desa Kawinda Toi. Meski berada di bagian utara Kabupaten Bima, namun masyarakat harus memberi jaminan bahwa tidak ada tindakan kriminal.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Saya sering ingatkan masyarakat saya, bila kita mau maju, jangan sekali-kali ada kriminal di Tambora terutama di tempat wisata,” pungkasnya. (MAN)

Share
Komentar

Berita Terkait

Jalan-jalan

Air Terjunnya Tujuh  Tingkat, Jalannya Mulai Tertutup Bima, Bimakini.- Kabupaten Bima memiliki banyak destinasi wisata menarik, bahkan menjadi “surga” bagi para pengunjung. Salah satunya...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora Kabupaten Bima, mendapatkan bantuan dana sebesar Rp100 juta dari Dinas Pariwisata Provinsi NTB tahun 2019. Dana...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Kawinda To’i Kecamatan Tambora menggelar kegiatan gotong royong, Jumat (02/3). Mereka membersihkan sampah di pinggir pantai hingga di jalan-jalan. Kegiatan...

Jalan-jalan

Dompu, Bimakini.-  Selain Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima pun juga memiliki sejumlah wisata air terjun. Sederetan lokasi air terjun pada dua daerah itu  berada di...