Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Lurah jadi Ujung Tombak Keamanan

Apel Apel Besar 3 Pilar Kamtibmas di halaman Mapolres, Jumat (8/6).

Kota Bima, Bimakini.- Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah adalah tiga pilar yang menjadi ujung tombak dalam mewujudkan situasi dan kondisi lingkungan yang aman dan nyaman. Untuk itu, ketiga pilar tersebut harus membangun sinergi yang baik.

Hal itu disampaikan Kapolres Bima Kota AKBP Made Bagus Winarta, SIK saat memimpin Apel Besar 3 Pilar Kamtibmas di halaman Mapolres, Jumat (8/6).

Lanjut Kapolres, apel besar ini dilaksanakan dalam rangka mendorong terpeliharanya Kamtibmas di wilayah hukum Polres Bima Kota. Apalagi saat ini menjalng pemungutan suara Pilkada serentak tahun 2018.

“Babinsa sebagai unsur pelaksana Koramil bertugas melaksanakan bimbingan dan tugas teritorial, memberikan penyuluhan bela negara, serta membangun masyarakat di bidang ketahanan dan keamanan negara. Sementara Bhabinkamtibmas adalah pengembang fungsi Polmas di kelurahan,” terangnya.

Kapolres mengingatkan, saat ini masih tahap kampanye Pilkada serentak 2018, sementara tahun depan akan memasuki Pileg dan Pilpres 2019. “Semuanya itu menjadi tanggung jawab kita bersama agar dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan sukses sesuai dengan harapan bangsa dan Negara,” kata Kapolres.

Dia juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama seluruh pihak, sehingga situasi dan kondisi kamtibmas wilayah hukum Polres Bima Kota saat ini aman dan kondusif. Juga mengingatkan aparatur Negara agar bersikap netral, jangan sampai menjadi pemicu kekisruhan di tengah masyarakat.

Hadir pada kesempatan itu, Wali Kota Bima, H M Qurais H Abidin beserta unsur Kodim 1608/Bima, Brimob, FKUB Kota Bima, dan Ketua MUI Kota Bima.

Usai apel, dilanjutkan dengan simulasi pemungutan dan perhitungan suara.  Termaasuk bagaimana Linmas pengamanan TPS, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat memastikan pemungutan suara berjalan lancar.

Saat itu juga diperagakan,  bagaimana pengamanan dari sekelompok warga yang ingin mengambil kotak suara.  Dengan kesigapan aparat, kelompok warga itu dapat diamankan. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Hasil operasi pekat rinjani 2024 yang dilaksanakan mulai 26 Februari hingga 10 Maret 2024 berhasil diungkap sejumlah kasus. Diantaranya, tiga kasus...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota berhasil mengungkap kasus peredaran uang palsu dalam jumlah besar. Rp 180 juta uang palsu dalam pecahan seratus ribu...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Bima Kota, khususnya di PPK Wera dan PPK Ambalawi, telah selesai dengan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Kapolres Bima Kota, AKBP Yudha Pranata S.I.K,. S.H, menegaskan bahwa seluruh tahapan rekapitulasi surat suara dari Tingkat PPK hingga tabulasi di...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kota AKBP Yudha Pranata, S.I.K,. S.H, memantau  proses rekapitulasi surat suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Langgudu dan Lambu,...