Pemerintahan

Bupati Sering Dihadang, Kesbangpolinmas Dipertanyakan

Hj Indah Dhamayanti Putri

Bima, Bimakini.-  Belakangan ini, perjalanan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, kerab dihadang warga meski hendak melaksanakan tugas maupun menghadiri kegiatan sosial kemasyarakat.

Fenomena itu disinyalir buruknya kinerja Kesbangpolinmas sebagai intelijen pemerintah.

“Kalau kinerja Kesbangpolinmas tidak mandul, mustahil ada penghadangan Bupati oleh warga,” sorot salahsatu pimpinan media lokal Bima saat dialog Penguatan Kemitraan Antara Pemerintah dan Organisasi non Pemerintah Menuju Bima RAMAH, Jumat (29/6).

Bupati adalah pejabat negara yang memiliki intelijen, justru Bupati sering dihadang oleh warga saat melaksanakan tugas dinas di beberapa kecamatan.

“Kalau Bupati sering dihadang, berarti kinerja jajaran Kesbangpolinmas tidak jalan dan sangat pasif,” nilainya.

Mestinya, sebelum Bupati turun di kecamatan jajaran Kesbangpolinmas harus lebih awal turun ke lokasi mendeteksi situasi. “Bukan setelah Bupati dihadang baru ada di lokasi,” imbuhnya.

Menanggapi sorotan itu, Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Bima, Edi Tarunawan, SH, mengakui Bupati sering dihadang.

Akan tetapi, tidak benar pihaknya mandul atau tidak aktif menjalankan tugas sebagai intelijen daerah. “Kita sudah optimal menjalankan tugas,” tepisnya.

Menurutnya, warga yang menghadang Bupati karena ingin menyampaikan aspirasi dan ada pula karena rasa kangen pada Bupati. “Bupati kita ini, adalah Bupati pilihan rakyat,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya telah membentuk Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) dan beberapa komunitas lain.

“Kita tetap menjalin komunikasi dan koordinasi di lapangan dan dengan upaya tersebut berhasil. Mereka tadinya ingin menghadang, tidak jadi setelah ada komunikasi, koordinasi dan edukasi dari kami,” katanya. (PUL)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 401
    Shares
To Top