Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Camat Woha Kesulitan Tindak Penjualan Petasan

Camat Woha, Irfan Dj, SH

Bima, Bimakini.- Camat Woha, Irfan DJ, SH, mengakui kesulitan mengontrol penjualan petasan di Woha lantaran sebagian mengantongi izin jual. Meski demikian, pihaknya tetap mengawasi.

Belakangan ini, bisnis petasan di wilayah Woha mulai marak terlihat. Bahkan tidak tanggung-tanggung, berani memajang di tempat umum, seperti di depan jalan raya.

“Iya, benar belakangan ini masyarakat penjual petasan tidak lagi hanya di kawasan pasar dan terminal Tente saja, tetapi sudah menjual di jalan raya,” akuinya via WhatsApp, Sabtu (09/6).

Dia mengatakan, oknum masyarakat yang menjual eceran petasan memanfaatkam kesempaatan saat ramadan untuk mencari uang dari orang luar yang memproduksi barang dimaksud.

“Mereka mengambil dahulu dari bos pendatang ang produksi petasan untuk dijual. Setelah laku, baru mereka bayar,” jelasnya.

Setelah berhasil menertiban ratusan petasan berbagai jenis dan ukuran awal ramadan ini, pihaknya pernah didatangi seseorang yang mengaku pemilik petasan yang diamankan.

“Saya tanya bukti surat izin sama pendatang tersebut, dan menunjukkan surat izin. Tetapi, tidak semua yang disita saat itu memiliki izin. Yang ada izin, kami kembalikan pada pemiliknya, yang tidak berizin kami serahkan pada polisi,” ungkapnya.

Dia mengaku, untuk menghilangkan peredaran petasan di pasar Tente terasa sulit, karena ada petasan yang dijual memiliki izin.

“Kalau dibanding tahun sebelumnya, saat ramadan seperti ini, suasana saat ini jauh lebih tertib. Tahun ini, hampir tidak menerima laporan dari masyarakat terkait suara petasan saat orang beribadah,” ucapnya.

Dia juga mengakui, terkait penjual petasan di tempat umum diakuinya telah biasa terjadi. “Mendekati lebaran, mereka tetap berjualan di tempat umum, tetapi kami akan mengawasi yang tidak berizin,” janjinya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait bunyi petasan yang dilakukan oleh anak dan remaja usai shalat subuh. Kapolsek Bolo, AKP. Hanafi Jr dan anggota...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, serta untuk mengantisipasi terjadinya keributan, Polsek Bolo menggelar razia gabungan petasan di Pasar Sila, Kecamatan Bolo,...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Musyawarah Kecamatan (Muspika) Langgudu Kabupaten Bima, patroli keliling untuk tertibkan petasan berdaya ledak tinggi. Selain itu menyasar motor berkenalpot racing. Kapolsek Langgudu,...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Sat Intelkam Polres Dompu kembali menertibkan ratusan petasan berdaya ledak tinggi dan rendah di pasar bawah Lingkungan Kota Baru, Kecamatan Dompu,...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Polres Kabupaten Bima melalui Personel Polsek Bolo yang dipimpin Kapolsek AKP Hanafi menggelar operasi penertiban mercon dan petasan di pasar Sila, Senin...