Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Kembali Aktif, Panwaslu Ingatkan Wawali

H A Rahman

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali (Wawali) Kota Bima, H A Rahman H Abidin kembali bertugas, Senin (25/6) hari ini, setelah sebelumnya mengambil cuti di luar tanggungan negara. Rahman mencalonkan diri sebagai Calon Wali Kota.

Plt Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin SIP MM membenarkan, Wawali, H A Rahman sudah berakhir masa cuti di luar tanggungan Negara. Maka, mulai Senin hari ini menjalankan tugas sebagai Wawali.

“Pak wakil besok (hari ini, red) akan kembali bertugas,” ujarnya pada Bimakini.com via hanphone (HP), kemarin.

Dijelaskannya, wakil wali kota mulai cuti 15 Februari hingga 13 Juni. Namun, karena libur lebaran, sehingga Wawali masuk Senin.

Awal tugas pascacuti, HA Rahman akan langsung menghadiri kegiatan halabihalal di halaman kantor wali kota. kemudian menjalankan tugas lain sebagaimana mestinya.  “Haji A Rahman akan purna tugas 24 Juli mendatang,” tuturnya.

Karena telah kembali bekerja, kata dia, maka akan kembali mendapat haknya sebagai kepala daerah. Mulai dari kendaraan dinas, ajudan dan lain sebagainya.

Hal itu lanjutnya, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 74 tahun 2016. Tentang cuti di luar tanggungan negara.

Dalam pasal 8 Permendagri 47 dijelaskan  pula tentang hak kepala daerah yang masih melekat walau dalam massa cuti. Yakni gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, tunjangan beras, tunjangan kesehatan, tunjangan kecelakaan kerja dan tunjangan kematian.

“Hak ini masih terus diberikan walau wawali dalam posisi tidak bertugas. Jadi setelah usai cuti hak tersebut dikembalikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kota Bima, Muhaemin SPdI mengingatkan HA Rahman untuk bersikap profesional.

Dia mengingatkan Wawali untuk tidak menggunakan kewenangan, program dan kegiatan yang dapat menguntungkan atau merugikan pasangan calon.

“Kami ingatkan wawali, untuk tidak memanfaatkan program maupun kegiatan lain yang dapat menguntungkan dan merugikan paslon,” tegasnya, Sabru (24/6).

Lanjut Muhaemin, HA Rahman diperkirakan akan masuk kantor, Senin (25/6). Dia berharap, aktivitas wawali berjalan seperti biasa.

“Intinya jangan gunakan jabatan untuk kepentingan politik,” pungkasnya. (IAN)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Ketua KPU Kota Bima,  Bukhari, SSos meminta jangan ada pembunuhan karakter terhadap dirinya.  Tudingan  bawah dirinya menerima suap dari salah satu...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Massa dari Gerakan Masyarakat Pilkada Jujur dan Adil Kota Bima, menyorot adanya dugaan tidak independennya lembaga penyelenggara, yakni KPU dan Panwaslu....

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bima, menerima laporan dugaan tindak pidana pemilihan (Tipilih). Laporan itu disampaikan Al Imran, selaku kuasa...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Data C1 dari 249 TPS sudah masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima. Data C1 itu langsung dimasukkan dalam webside...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Hasil rekepitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mpunda,  Pasangan Calon (Paslon) Lutfi-Feri unggul dibandingkan paslon lainnya. PPK  Mpunda termasuk cepat melakukan rekepitulasi...