Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Nazamuddin: Kewajiban dan Tugas Pemerintah Lindungi Hak Anak

Nazamuddin

Kota Bima, Bimakini.- Anggota DPRD Kota Bima, Nazamuddin, SSos, menanggapi maraknya ekploitasi anak oleh orang tidak bertanggung jawab hingga menjadikan anak pengemis di wilayah Kota Bima.

Duta PKPI itu mendesak pemerintah bersikap tegas terkait masalah dimaksud. “Lindungi hak anak bukan tugas, tetapi kewajiban pemerintah,” ucapnya.

Kaitan persoalan ekploitasi anak, dia menegaskan, harus disikapi serius, sehingga tidak ada lagi kejadian serupa ke depan.

Apalagi, dilihat kejadian dan pengakuan oknum yang menyuruh anak dimaksud menjadi pengemis, diduga termasuk sindikat ekplotasi anak layaknya yang terjadi di Kota Besar.

“Pemerintah Kota Bima melalui Dinas terkait, khususnya Dinas Sosial bukan saja membina tetapi penegakan hukum,” pintanya.

Menurutnya, harus ada efek jera dengan demikian ke depan tidak ada lagi yang berani mengulangi, dan jika hanya dibina dan dilepas kembali tanpa ada solusi hukum dan sosial, maka kejadian yang sama akan terus terulang.

“Walaupun belakangan kita ketahui yang diamankan adalah anak dari luar daerah, tetapi lokasi aktivitasnya di Kota Bima, apalagi bukan saja di pusat keramaian di Bima, bahkan sudah menyasar hingga dipermukiman warga,” bebernya.

Dia mengatakan, pihaknya bukan melarang orang meminta, namun hidup di tengah pemerintah yang minim angka kemiskinan, harusnya tidak ada fakta pengemis.

“Saya desak pemerintah kota segera bertindak, lakukan penertiban dan beri efek jera, khususnya yang mengekploitasi anak-anak tersebut,” tandasnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Anggota DPRD  Kota Bima, Nazamuddin, SSos memertanyakan realisasi dana usaha bakulan sebesar Rp12 miliar. Pertanyaan itu muncul, setelah warga terus menanyakannya...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini. – Dalam rangka Persiapan Evaluasi Nasional Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2019, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bima menggelar...

Peristiwa

Kota Bima,  Bimakini.- Anggota DPRD Kota Bima,  Nazamuddin,  Ahad,  (10/2) sore menemui  Kelompok Tani (Poktan) di So Banta Wawi, Kelurahan Rite. Silaturrahmi itu untuk...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sebanyak 45 siswa di Kecamatan Wera, mengikuti program Perlindungan dan Pertirah Sosial Anak “Sasambo Matupa” dari Balai Sosial Provinsi NTB. Siswa yang...

Peristiwa

Kota Bima,  Bimakini.-  Realisasi anggaran rehab rekon dari pemerintah pusat untuk pembangunan Dam di Kelurahan Lampe  dan Kodo tahun 2016 dinilai amburadul dan sia-sia....