Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Gempa Tektonik 6,4 SR Guncang Lombok, Terasa di Bali hingga Bima

Titik Gempa/ Sumber BMKG

Bima, Bimakini.- Gempa yang  terjadi Ahad (29/7) sekitar  pukul 06.47.39 Wita, dirasakan di wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=6,4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,4 LS dan 116,5 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 47 km arah timur laut Kota Mataram, dengan kedalaman 24 km.

Sejumlah rumah di Sembalu, Lombok Timur, rusak berat dan sejumlah warga terluka. Warga pun berhamburan ke luar rumah.

Warga Bima juga ikut merasakan gempa. Meski tidak besar, namun goyangannya cukup lama.

Pantauan BimaEkspres, sejumlah warga di Panggi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, terlihat keluar rumah saat gempa terjadi. Warga mengaku merasakan goyangan, meski tidak mengguncang. Hal sama juga dirasakan warga di Kabupaten Dompu.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, S.P, MM mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya, maka gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

“Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat dan Sumbawa Besar pada skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI),” ujarnya dalam siaran persnya, Ahad.

Sementara di  Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Karangasem, Singaraja dan Gianyar merasakan pada skala II SIG-BMKG (III-IV MMI). Di Bima dan Tuban merasakan pada skala II SIG-BMKG (III MMI), Singaraja pada skala II SIG-BMKG atau III MMI dan Mataram pada skala II SIG-BMKG atau III MMI.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Dikatakannya, hingga pukul 07.25 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 11 gempabumi susulan (aftershock) yang paling kuat M=5,7.  “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ingtanya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Gempa dengan kekuatan 6,6 SR yang berpusat 59 km  Barat Laut Sumba Barat Daya NTT, terasa kencang di Bima. Bahkan gempa...