Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Hari Ini, Festival Sangiang Api Digelar, Gubernur Terpilih Direncanakan Hadir

Salah satu perahu tradisional yang dimiliki warga Sangiang untuk ikut lomba./ Foto Ayang Syaifullah

Bima, Bimakini.- Festival Sangiang  Api yang merupakan agenda tahunan masyarakat pesisir Kecamatan Wera akan mulai digelar Sabtu (28/7)   hari ini. Kegiatan akan digelar di pesisir pantai Desa Sangiang.

Ketua Panitia Ayang Saifullah menjelaskan, sesuai agenda panitia, tamu undangan termasuk Gubernur NTB terpilih Dr Zulkieflimansyah direncanakan hadir dan akan disambut Tarian Wura Bongi Monca. Juga pengalungan sambolo oleh tokoh adat Sangiang Api.

Event wisata yang rencananya turut mengundang Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri akan menampilkan  sejumlah atraksi kesenian. Seperti Gantao,  Ritual memanggil angin,  dan pertunjukan drumband SMK Negeri 3 Bima dan SMA Negeri 1 Wera akan memeriahkan event kebanggaan masyarakat daerah tersebut.

Ayang memaparkan, di hari pertama Festival, pengunjung juga akan disuguhi babak penyisihan lomba sampan layar tradisional yang dibagi dalam enam kelas.

“Babak penyisihan lomba sampan tradisional ini akan mengambil titik Start di Pulau Sangiang Api dan finish di pesisir pantai Desa Sangiang. Lomba  akan berlangsung secara maraton pada tanggal 29 sampai dengan 31 Juli 2018,” ujarnya.

Sebagai informasi kepada masyarakat, Setelah peserta istirahat tanggal 1-3 Agustus,  rencananya lomba akan dilanjutkan sampai tanggal 19 Agustus 201.

Festival tahun ini diisi dengan Expo kerajinan rakyat, Jelajah gunung Sangiang Api dan kemah literasi pesisir yang berturut-turut berlangsung sampai tanggal 5 agustus dan puncaknya untuk final direncanakan tanggal 15 sampai dengan 19 Agustus 2018.

Dirinya berharap agar agenda tahunan kebanggaan masyarakat pesisir Wera tersebut  berjalan dengan sukses tanpa ada hambatan dan mengharapkan partisipasi seluruh elemen masyarakat agar acara ini dapat dituntaskan sesuai jadwal yang ada. (PUL)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Bima, Bimakini.- Festival Sangiang Api di Desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, kini ditetapkan menjadi agenda tahunan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara...

NTB

Mataram, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB, resmi menetapkan Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. Penetapan tersebut digelar di Hotel...

Politik

Mataram, Bimakini.- Pilkada NTB telah berakhir, dan KPU NTB sudah menetapkan pasangan Dr Zulkieflimansyah dan Dr Sitti Rohmi Djalilah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur...

NTB

Mataram, Bimakini.- Komitmen pemerintah untuk menangani masalah anak kerdil (stunting) ditunjukkan dengan berbagai upaya. Salah satunya seperti yang dilakukan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi menyambut langsung kedatangan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dalam kunjungannya ke Lombok, di Bandara Internasional Lombok,...