Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Sekda NTB Lepas Atlet SOIna NTB ke Riau

Mataram, Bimakini.-  Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Ir H Rosiady H Sayuti, melepas secara resmi keberangkatan atlet SOIna NTB, Rabu (18/7/2018), yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Tingkat Nasional (PORNAS) ke-8 Special Olympics Indonesia (SOIna), 19 – 23 Juli 2018, di Pekanbaru Riau. Para atlet SOIna itu sempat diberikan motivasi oleh Sekda di ruang rapat utama kantor Gubernur.

Kontingen PORNAS SOIna NTB berjumlah 42 orang, terdiri dari 25 atlet, 6 pelatih, 7 ofisial dan 4 orang tua pendamping. Ke-25 atlet SOIna ini akan mengikuti enam cabang olahraga, yaitu atletik, renang, futsal, bulutangkis, tenis meja dan bocce. “Dari enam cabor itu, kita targetkan dapat dua medali emas dari cabor atletik dan bulutangkis,” kata Ketua Kontingen SOIna NTB, M Amir.

PORNAS SOIna tahun 2018 di Pekanbaru Provinsi Riau adalah pelaksanaan ke delapan kali. PORNAS adalah kompetisi puncak dari pembinaan selama 4 tahun dan dimaksudkan untuk menyeleksi atlet-atlet SOIna yang berpotensi dan berpeluang untuk mengikuti Special Olympics World Summer Games 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. PORNAS VIII SOIna 2018 mempertandingkan 11 cabang olahraga.

Untuk diketahui, special olympics adalah sebuah gerakan global yang memberdayakan tuna grahita (disabilitas intelektual / intellectual disabilities) melalui pelatihan dan kompetisi olahraga dan telah diakui oleh International Olympic Committee (IOC) sebagai satu-satunya organisasi olimpiade khusus Tuna Grahita. SOIna (Special Olympics Indonesia ) adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tuna Grahita di Indonesia, yang memberi kesempatan bagi warga Tuna Grahita menjadi orang berguna dan produktif serta dapat diterima dan dihargai sebagai bagian dari masyarakat melalui olahraga.

SOIna mempunyai misi antara lain, memberikan kesempatan yang berkesinambungan untuk membentuk fisik yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan keluarga atlet Special Olympics lainnya dan masyarakat. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait