Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Syafrudin Motivasi Kades untuk Smart City di Sumbawa

Anggota DPR RI Dapil NTB, H. M. Syafrudin, ST, MM, bersama ratusan kades dan lurah peserta Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Induk Smart City di Sumbawa, Rabu (18/7).

Sumbawa Besar, Bimakini.- Anggota DPR RI Dapil NTB, H. M. Syafrudin, ST, MM, turut hadir dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Induk Smart City di Sumbawa, Rabu (18/7). Pada  kesempatan itu, Syafrudin turut memberikan motivasi bagi 157 kades dan 8 lurah di Kabupaten Sumbawa.

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori MSE, yang dikonfirmasi usai kegiatan tersebut mengutarakan, Bimtek ini juga mengagendakan penandatanganan komitmen pendampingan dari kementerian Kominfo.

Rachman menambahkan, ketika peta jalan itu sudah ada, maka semua pihak di Sumbawa bisa meletakkan dasar yang lebih kuat bagi terwujudnya Smart City di Sumbawa. “Ini dasar dari kementerian lainnya nanti. Ini juga akan berkaitan dengan perencanaan secara keseluruhan di Sumbawa,” tegasnya.

Menurut Rachman, pihaknya menghadirkan H. M. Syafrudin selaku anggota DPR RI yang selama ini menjadi mitra kerja Kementerian Kominfo. “Beliau memberikan banyak masukan kepada kita karena merupakan kewajiban beliau juga untuk selalu memperhatikan daerahnya. Khususnya yang berhubungan dengan tugas beliau di Komisi I yang ada kaitannya dengan Kominfo,” ujar Rachman.

Dia menambahkan, sejauh ini komunikasi pihaknya dengan H. M. Syafrudin dalam mewujudkan Smart City terbangun dengan cukup baik. “Termasuk di dinas kami pasti larinya ke beliau karena memang beliau yang membidangi itu. Jadi komunikasi bagus. Dalam konteks kerja untuk membangun daerah itu sangat luar biasa, saling membantu,” tandasnya.

Kepala Desa Sebeok, Kecamatan Orong Telu, Sumbawa, Syamsul Hidayat juga mengutarakan apresiasinya atas kehadiran H. M. Syafrudin dalam kesempatan tersebut. “Kehadiran beliau tadi memberikan motivasi bagaimana konsep daerah membangun smart city ke depan. Patut disyukuri menurut beliau, Sumbawa termasuk dalam kabupaten yang akan menjadi Smart City. Beliau tidak banyak masuk ke teknis, tapi beliau berkomitmen agar Sumbawa bisa menjadi smart city,” ujarnya.

Terkait hal lain, Syamsul Hidayat juga menyempatkan diri berdiskusi dengan H. M. Syafrudin. Khususnya bagaimana memaksimalkan interaksi antara pihaknya dengan H. M. Syafrudin yang diketahuinya cukup banyak membantu pembangunan di daerah Sumbawa.

“Ada banyak hal yang sudah diupayakan oleh beliau, antara lain, beliau berhasil melobi dan mendukung Kodim Sumbawa sebagai salah satu Kodim terbaik di Indonesia. Beliau juga berhasil melobi Mabes Polri, sehingga sekarang di NTB dipimpin oleh jenderal bintang dua. Beliau salah satu perwakilan di Sumbawa, sudah mengunjungi seluruh desa di Kabupaten Sumbawa dan juga di NTB ini,” tandasnya.

Syamsul juga menambahkan bahwa komitmen H. M. Syafrudin dalam mendukung pembangunan di desa sangat kuat. Hal ini terlihat dari rajinnya Syafrudin turun mengantarkan bantuan cat dan kursi untuk desa-desa di NTB, dalam hal ini juga di Kabupaten Sumbawa.

“Jadi sangat kita apresiasi langkah beliau. Saya sendiri diundang oleh beliau ke Jakarta, dan kami siap difasilitasi bersama Kemenpora, untuk mendukung program Kementerian Desa dan Kemenpora,” tandas Syamsul Hidayat.

Sementara itu, H. M. Syafrudin sendiri menegaskan bahwa dirinya hadir bersama ratusan kades dan lurah serta jajaran Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa demi memuluskan terwujudnya Sumbawa sebagai satu dari 100 smart city di Indonesia.

Dengan menjadi smart city, sebuah daerah bisa mengintegrasikan sedikitnya sembilan aspek smart city, mulai dari pendidikan, kesehatan, industri, pasar, sosial, pemerintahan, pariwisata, kewilayahan hingga keamanan.

Bagi Syafrudin, smart city memang menjadi model yang harus dituju oleh daerah-daerah di Indonesia agar masyarakatnya merasakan kualitas hidup yang lebih baik. Karena itulah, dia berkomitmen mendukung terwujudnya smart city ini di Sumbawa.

“Ini merupakan bagian dari tanggung jawab saya. Sebagai wakil rakyat NTB, dalam hal ini Sumbawa, saya harus terus memberikan dukungan yang maksimal untuk kemajuan daerah kita,” tegasnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

LOMBOK TIMUR, Bimakini.- Setelah mengawasi proses pencairan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) Tahap II di Kota Mataram, Anggota Komisi VIII...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. ZainulArifin bersama Kementrian Sosial RI melakukan kunjungan Kerja dalam rangka kegiatan peninjauan dan evaluasi pelaksanaan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Anggota DPR-RI Komisi VIII, Drs. H. Zainul Arifin bersama Ketua DPC Gerindra Kabupaten Sumbawa dan Tim Dapil, menyalurkan bantuan program BOP 2021...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebagai anggota DPR-RI Komisi VIII dari Partai Gerindra, Drs. H. Zainul Arifin terus berupaya maksimal untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Anggota DPR-RI dari Komisi VIII, Drs. H. Zainul Arifin, bersama tim dapil menyalurkan program RS-RTLH (Rehabilitasi Sosial-Rumah tidak Layak Huni) kepada 100...