Peristiwa

Atasi Krisis Air Bersih di Desa Ntori, Pusat Kucurkan Rp341 Juta

ilustrasi

Bima, Bimakini.- Kesulitan air bersih yang masih dirasakan sebagian warga Desa Ntori Kecamatan Wawo, beberapa tahun terakhir mulai ada jalan keluarnya. Soalnya Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait telah menggelontorkan dana senilai Rp341,430 juta.

Kepala Desa Ntori, Algi Syarief, S.Sos, mengatakan, dana itu merupakan bantuan dari kementerian terkait sebanyak 70 persen, sumbangan APBD sebesar 10 persen dan sisanya merupakan swadaya masyarakat. Semua itu untuk program penyedian air bersih berbasis masyarakat (Pamsimas).

Untuk pengerjaannya dilakukan pihak ketiga dan awal Agustus ini akan mulai dikerjakan. “Program dari pemerintah pusat ini sangat membantu warga karena masih banyak warga yang kesulitan air bersih. Apalagi, kondisi perpipaan pasca banjir bandang akhir 2016 banyak yang rusak dan hilang diseret banjir,” ujarnya di kantor Desa Ntori, Senin (30/7).

Sumber air yang diambil, katanya, masih seperti yang lama yakni Oi Sori Nae di Dusun Kawae Desa Maria Utara dengan melanjutkan peningkatan pemasangan perpipaan tiga inci, hingga dituntaskan pada bak penampung dan penyaluran pada rumah warga. Program itu juga termasuk sanitasi untuk Sekolah Dasar (SD).

Namun, kini hanya difokuskan untuk menangani kesulitan air bersih yang dihadapi masyarakat. “Kita berharap setelah program ini berhasil, maka jangan ada lagi warga yang memocorkan pipa transmisi. Apalagi rencananya saluran perpipaan nanti akan sampai kepada masyarakat,” katanya.

Tentu dalam kegiatan itu, katanya, dukungan dan partisipasi warga sangat dibutuhkan terutama pemasangan perpipaan dan lainnya. Itulah yang disampaikan fasilitator saat rapat bersama di aula Kantor Desa Ntori pertengahan Juli lalu. (NAS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 18
    Shares
To Top