Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

BB 40 Kasus Bernilai Ratusan Juta Dimusnahkan

Kota Bima, Bimakini.- Barang bukti 40 kasus yang ditangani Kejaksaan Negeri Bima, Selasa (31/7) dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan setelah kasus-kasus itu mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkrah.  Nilai barang bukti tersebut  diperkirakan 200 juta, diantaranya 27 gram sabu.

Kepala Kejaksaan Negeri Bima, Widagdo Mulyono Petrus, SH Mhum menjelaskan, 40 kasus itu terdiri dari Kriminal Umum, Narkoba dan UU Kesehatan. Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara dibakar, dimasukkan dalam air serta dipotong dengan mesin gerinda. Sehingga tidak dapat digunakan lagi.

“Sebagai pelaksana putusan hakim, kami harus menjalankan semua sesuai aturan yang berlaku. Penandatangan berita acara menandakan perkara itu selesai,” jelasnya.

Jumlah barang bukti sabu-sabu yang dimusnahkan sebanyak 27,19 gram dan ganja 2,06 gram. Untuk pil Tramadol sebanyak 2.425 butir, tujuh pucuk senpi rakitan dan berbagai jenis kosmetik ilegal.

Dari 40 kasus tersebut diakui Widagdo, sebagian besar merupakan kasus yang ditangani tahun 2017 dan sudah inkrah. Sehingga sudah bisa dieksekusi. Sementara untuk kasus yang ditangani tahun 2018 semester pertama, sebagian besar masih dalam upaya hukum dan banding.

Lanjut Widagdo, dari 40 kasus itu, ada yang dijerat dengan UU Kesehatan, UU Narkotika dan UU Darurat. Dari keseluruhan barang bukti, jika diuangkan jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah.

“40 kasus ini sudah inkrah sesuai dengan keputusan Pengadilan Negeri Bima. Ada juga keputusan Pengadilan Tinggi Mataram dan bahkan keputusan Mahkamah Agung,” pungkasnya.

Pantauan Bimakini.com, kegiatan pemusnahan barang bukti itu dihadiri pihak kepolisian dan juga pengadilan. Kemudian, BNNK Bima dan juga Dinas Kesehatan Kota Bima.

Untuk barang bukti sabu-sabu, dimusnahkan dengan cara, plastik klip digunting dan dimasukkan ke air. Kemudian untuk senpi rakitan dipotong dengan mesin gerinda. Sementara pil tramadol dan bahan kosmetik, dimusnahkan dengan cara dibakar.

Satu per satu pejabat yang hadir memusnahkan barang BB tersebut. Termasuk jurnalis, ikut memusnahkan sabu yang menjadi barang bukti. (IAN)

 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima, S yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Raba Bima,  dalam kasus bantuan sosial kebakaran rumah...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Tiga orang terseret sebagai tersangka kasus bantuan sosial (Bansos) kebakaran rumah di Kabupaten Bima. Dua diantaranya Aparatur Sipil Negeri (ASN) dan satu...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Andhie Fajar Arianto, SH.,MH dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Bima, Kamis (5/8/2021) di Mataram. Sebelumnya Andhie menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-Kejaksaan Negeri Bima akhirnya menghentikan proses hukum kasus dugaan korupsi pengadaan Jas di DPRD Kota Bima, yang mengakibatkan kerugian negara mencapai ratusan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Sirkulasi peredaran barang haram jenis Narkoba di Wilayah Bima dan sekitarnya nampaknya masih menjadi primadona. Terlebih di tengah status Pandemi Covid19,...