Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Bidang Budaya Dikbudpora, Gelar Lomba Kesenian Tradisiobal Bima

Bima, Bimakini.- Jajaran bidang Kebudayaan Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, menggelar lomba kesenian trasional Bima. Mata lombanya lagu Bima dan Kareku Kandei.

Kabid Kebudyaan Dikbudpora Kabupaten Bima, Drs. A. Salam Gani, MPd mengatakan, kegiatan dilaksanakan Senin (27/8) di Paruga Nae Bolo.. Kegiatan itu  diikuti peserta  dari tujuh kecamatan.

Ketujuh kecamatan yang ikut lomba yaitu, Bolo, Woha, Monta, Parado, Palibelo dan Tambora untuk lomba viol tunggal. Kegiatannya, dibuka oleh Jena Teke Sultan Bima, Muhammad Ferryandi Putra, SIp, dan dihadiri oleh Plt. Kadis Dikbudpora, H. Makruf, SE.

Dikatakannya, untuk lomba Rawa Mbojo/Viol Tunggal, lagu wajibnya Haju Jati dan lagu pilihan adalah Lopi Penge,’e,  Aule, Coro-coro, Pasapu Monca, Dambe-dambe.

Lanjutnya, lomba rawa mbojo atau viol tunggal serta kareku kandei, dinilai oleh lima dewan juri yang dipimpin Sudarmin Awad dan 4 juri lainnya yakni, Eddy Sirajuddin Syach, Ridwan, Nurjanah, S.Pd, dan Hadijah, S.Pd. Hasil penilaian dewan juri, menetapkan pemenang lomba Kareku Kandei oleh tim Kecamatan Woha sebagai Juara I, disusul tim Kecamatan Palibelo dan Tim Kecamatan Bolo sebagai Juara III.

Juara  Harapan I diraih oleh tim Kecamatan Ambalawi disusul tim Kecamatan Parado pada posisi harapan II dan Tim Kecamatan Bolo sebagai Juara Harapan III.

Sedangkan pada mata Lomba Viol Tunggal, grup Kecamatan Bolo memperoleh sebagai juara I, disusul Kecamatan Monta  dan Kecamatan  Tambora.

Juara I, II dan III mendapatkan piala serta uang pembinaan. Sedangkan pemenang harapan I, II dan III mendapatkan hadiah kostum dan lainnya.

“Lomba  Kareku Kandei dan Viol Tunggal untuk melestarikan budaya Bima dan berharap kedepannya akan dilaksanakan secara berkelanjutan agar generasi muda dapat menikmati, menjaga dan juga melestarikan khasanah budaya Bima,” tandas Salam diruang kerjanya, Selasa. (PUL)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima menggelar lomba kesenian tradisional yakni kareku kandei dan biola tunggal di Paruga Nae Bolo,...